Desain Pedoman Praktikum Kimia yang Berorientasi Keterampilan Proses

Authors

  • IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.10

Keywords:

Pedoman praktikum kimia, Ahli isi/materi pelajaran kimia, Ahli media/desain pembelajaran

Abstract

Pedoman praktikum kimia berbasis eksperimen SMA/MA kelas XI semester genap merupakan perangkat pembelajaran di laboratorium yang sudah divalidasi oleh ahli isi/materi pelajaran kimia dan ahli media/desain pembelajaran. Pengembangan ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan kelayakan materi/isi buku panduan praktikum berbasis eksperimen yang dikembangkan (2) untuk mendeskripsikan kelayakan kontruksi/desain buku panduan praktikum yang berbasis eksperimen. Rancangan penelitian mengunakan 4-D ( four D Models) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), penyebaran (desseminite). Kriteria  panduan praktikum dinyatakan layak jika penilaian terhadap buku panduan diperoleh ≥ 61 %. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket, lembar validasi digunakan untuk memberikan tanggapan dan penilaian terhadap panduan praktikum kimia yang dikembangkan. Lembar validasi ini diberikan kepada tim ahli isi/materi pelajaran kimia dan tim ahli media/desain pembelajaran. Sedangkan lembar angket diberikan kepada guru dan siswa pada saat ujicoba terbatas, angket ini digunakan untuk mengetahui respon siswa dan guru tentang buku panduan praktikum yang dikembangkan. Data yang diperoleh diolah berdasarkan skala likert didapatkan bahwa (1) kelayakan panduan praktikum kimia dari segi ahli isi/materi pelajaran diperoleh rata-rata sebesar 78,15 %, yang artinya memenuhi dan layak untuk di ujicobakan (2) kelayakan panduan praktikum kimia dari segi ahli media/desain pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 80,98 % yang artinya memenuhi dan layak untuk di ujicobakan (3) hasil angket respon guru kimia  diperoleh rata-rata sebesar 84 % yang artinya sangat memenuhi dan mudah penggunaannya (4)  hasil angket respon siswa diperoleh rata-rata sebesar 79,3 % yang artinya memenuhi dan menarik dan mudah dipergunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

, IAIN Ponorogo

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

References

Arikunto, Suharsini. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Akasara. 2003
Azizah, Utiya. “Penilaian Kinerja Praktikum dan Penyusunan Laporan Praktikum”. Makalah disampaikan dalam pelatihan ketrampilan menejemen laboratorium kimia bagi guru/laboran di lingkungan SMA pada tanggal 20 – 27 september 2003 di LPM Unesa.
Arsika, Reza. “pengembangan buku petunjuk praktikum Ipa Fisika untuk meningkatkan motifasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 lembar tahun pelajaran 2014/2015” 1 (2015): 11.
BNSP. “Instrumen Kelayakan Buku Ajar SMA/MA” Jakarta: Depdiknas, 2007.
Depdiknas. “Pedoman Pengembangan Penilaian Portofolio”. Jakarta : Depdiknas, 2006.
Depdiknas. “Kurikulum 2006 Mata Pelajaran Kimia SMA/MA”. Jakarta : Depdiknas, 2006.
Depdiknas. “Pedoman Penilaian Kelas 2004”. Jakarta: Depdiknas, 2004.
Depdiknas. “Kurikulum Berbasis Kompetensi Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains SMP dan MTs”. Jakarta: Depdiknas, 2003.
Depdiknas. “Standar Penilaian Buku Pelajaran Sains”. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2003.
Depdiknas. “Kurikulum Berbasis Kompetensi Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kimia”. Jakarta: Depdiknas, 2002.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Ibrahim, Muslimin. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Meurut Jerold E. Kemp dan Thiagarajan. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa, 2002.
Jatmiko. Penilaian Berbasis Kelas (PBK). Surabaya. Unesa, 2004.
Purba, Michael. Kimia SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga,. 2004.
Mulyasa. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005
Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005
Nur, Mohammad dan Masitah. Perkembangan Peserta Didik. Surabaya. University Press Unesa,1999.
Nur, Mohammad. Pembelajaran dan Assemen IPA. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa, 2002
Purba, Michael. Kimia Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta PT Erlangga, 2004
Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenada Group, 2010
Riduwan. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Jakarta: Alfabeta, 20003
Sudjana, Nana. 2004. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Surapranata, Sumarna dan Hatta Muhammad. Pedoman Pengembangan Penilaian Portofolio. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
Surapranata, Sumarna dan Hatta Muhammad. Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006
Surapranata, Sumarna. Pedoman Pengembangan Penilaian Portofolio. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2006.
Suyono dan Amaria, 1993. Laporan Penelitian Uji Coba naskah Kuliah Kimia Dasar Untuk Pokok Bahasan Struktur Molekul. Surabaya: Pusat Penelitian IKIP Surabaya.
Tjokrodiharjo, S. Organisasi dan Manajemen Laboratorium Pendidikan IPA. Surabaya. 1987.

Published

2016-12-31

How to Cite

Syaiful. (2016). Desain Pedoman Praktikum Kimia yang Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 71-82. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.10