Scaffolding dalam Menyelesaikan Permasalahan KPK dan FPB

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.16

Keywords:

kesulitan belajar, scaffolding, anghiheleri, kelipatan persekutuan terkecil

Abstract

Pembelajaran dalam kelas berisi siswa yang heterogen pada kemampuan memahami materi, yang memerlukan perlakuan berbeda antara siswa dalam kelas. Siswa yang tidak mampu mengkosntruksi pemahaman materi KPK dan FPB dalam pembelajaran perlu mendapat Scaffolding yang cukup oleh Guru. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif untuk menganalisaScaffolding yang diberikan. Pendekatan Scaffolding menggunakan pendekatan Anghiheleri. Penelitian ini menghasilkanScaffolding bisa dilakukan dengan dua jenis. Pertama dengan penguatan materi, dan kedua dengan penguatan dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

, IAIN Ponorogo

IAIN Ponorogo

 

References

Abadi, Agung Prasetyo. “Diagnosis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri-PISA Melalui Pemetaan Kognitif dan Upaya Mengatasinya dengan Scaffolding.” Universitas Negeri Malang, 2014. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/36118.
Anghilery, Julia. “Scaffolding practices that enhance mathematics learning.” Journal of Mathematics Teacher Education 9, no. 1 (2006): 33–52.
Chairani, Zahra. “Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (30 April 2015). http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/12.
Koentjaraningrat. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia, 1991.
Kurniasih, Ary Woro. “Scaffolding Sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 3, no. 2 (12 Desember 2012): 113–24. doi:10.15294/kreano.v3i2.2871.g2971.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999.
Mustaqim, Mustaqim. “Scaffolding process Based on Diagnosis Students Difficulties in Solving Linear Program by Using Mapping Mathematic.” Jurnal Pendidikan Sains (JPS) 1, no. 1 (2014): 72–78.
Sofwan Hadi. “Proses Konstruksi Pengetahuan Siswa Pada Pembelajaran Perbandingan Trigonometri.” Universitas Negeri Malang, 2008.
Trajuningsih, Endah. “Proses Berpikir Matematis Siswa SMAN 8 Malang Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dan Scaffolding.” DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM 0, no. 0 (14 Januari 2015). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/37245.
Wiyasaningtiyas, Sabta. “Diagnosis Kesulitan dalam Pemecahan Masalah Teorema Pythagoras dan Pemberian Scaffolding Pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 2 Malang.” SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM 0, no. 0 (10 Agustus 2012). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/matematika/article/view/22898.

Published

2016-12-31

How to Cite

Sofwan. (2016). Scaffolding dalam Menyelesaikan Permasalahan KPK dan FPB. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 141-148. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.16