Efektivitas Model Pembelajaran Fisika “PRODUKSI” terhadap Peningkatan Aspek-aspek Keterampilan Berkomunikasi Sains

Main Article Content

Wirawan Fadly

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penerapan model pembelajaran PRODUKSI dalam meningkatkan aspek-aspek keterampilan berkomunikasi sains. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest-posttet yang direplikasi pada tiga sekolah. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang kemudian dianalisis berdasarkan karakteristik data. Analisis yang digunakan diantarnya secara deskriptif  kuantitatif menggunakan analisa N-Gain dan dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PRODUKSI efektif membantu meningkatkan keterampilan berkomunikasi sains secara signifikan yang meliputi aspek menulis ilmiah, membaca ilmiah, observasi, representasi pengetahuan, dan presentasi informasi siswa pada level sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
FADLY, Wirawan. Efektivitas Model Pembelajaran Fisika “PRODUKSI” terhadap Peningkatan Aspek-aspek Keterampilan Berkomunikasi Sains. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 83-94, june 2017. ISSN 2548-4176. Available at: <http://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/27>. Date accessed: 11 dec. 2017. doi: https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.27.
Section
Articles

References

Arend, R. I. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Baker, Dale R., Elizabeth B. Lewis, Senay Purzer, Nievita Bueno Watts, Gita Perkins, Sibel Uysal, Sissy Wong, Rachelle Beard, and Michael Lang. “The Communication in Science Inquiry Project (CISIP): A Project to Enhance Scientific Literacy through the Creation of Science Classroom Discourse Communities,” 2009. http://digitalcommons.unl.edu/teachlearnfacpub/119/.
Björk, Bo-Christer. “A Model of Scientifitc Communication of a Global Distributed Information System.” Helsinki: Department of Management and Organisation., 2006.
Conradie, Elizabeth Stephanie. “THE ROLE OF KEY ROLE PLAYERS IN SCIENCE COMMUNICATION AT SOUTH AFRICAN HIGHER EDUCATION INSTITUTIONS: AN EXPLORATORY STU DY.” UNIVERSITY OF PRETORIA, 2004. http://www.repository.up.ac.za/handle/2263/27472.
Council, National Research, and others. Assessing 21st Century Skills: Summary of a Workshop. National Academies Press, 2011.
Fadly, Wirawan. “Implementasi Model Pembelajaran Fisika Productive Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Sains.” In Prosiding Seminar Nasional Fisika Di Jurusan Fisika FMIPA UNESA, 09-12, 2014b.
———. “Kajian Teoritis Model Productive: Suatu Model Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Yang Dikembangkan Melalui Kegiatan Komunikatif.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Di Pascasarjana UNS Surakarta, 362–70. Surakarta, 2014a.
———. “Model Pembelajaran Fisika ‘PRODUKSI’ Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Sains.” Disertasi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya, 2017.
———. “Profil Keterampilan Mengomunikasikan Sains Pada Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Maja Vidya 2 (2013): 22–30.
Luitel, Bal Chandra. “Representation of Mathematical l Earning: A Short Discourse.” In 25th Conference Organised by Western Australian Science Education Association, Canning College, 2002.
Nielsen, Lars Holm, Nanna Torpe Jørgensen, Kim Jantzen, Sanne Bjerg, and D. Sc Birgitte Munch-Petersen. “Credibility of Science Communication.” Tesi, Roskilde University, Natural Science, 2006. https://pdfs.semanticscholar.org/d5f9/b9e6ffbee0046a883c2fb046d2df07524483.pdf.
“Permendikbud No. 69 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Fisika SMA,” n.d.
Shanahan, Timothy. “Overcoming the Dominance of Communication.” Adolescent Literacy Research and Practice, 2004, 59.
Solso, Robert L., Otto H. Maclin, and M. Kimberly Maclin. “Psikologi Kognitif.” Jakarta: Erlangga, 2008.
Spektor-Levy, Ornit, Bat-Sheva Eylon, and Zahava Scherz. “Teaching Communication Skills in Science: Tracing Teacher Change.” Teaching and Teacher Education 24, no. 2 (2008): 462–477.
Toppen, J.W. Science The Write Way (Terjemahan). Virginia: National Science Teachers Association., 2011.
Treise, Debbie, and Michael F. Weigold. “Advancing Science Communication: A Survey of Science Communicators.” Science Communication 23, no. 3 (2002): 310–322.
Woolfolk, A. Educational Psychology. Boston: Pearson Education, 2009.