Implementasi Penanaman Karakter Melalui Matematika Pada Kurikulum 2013

  • Edi Irawan IAIN Ponorogo
Keywords: karakter, kurikulum 2013, matematika

Abstract

Budaya dan karakter diyakini menjadi kunci sekaligus solusi pelbagai permasalahan sosial di masyarakat. Karenanya, penanaman nilai budaya dan karakter menjadi prioritas nasional, tidak terkecuali melalui dunia pendidikan. Seiring dengan hal tersebut, frame pendidikan nasional juga mengalami pergeseran dan perbaikan seiring dengan hadirnya kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penanaman nilai budaya dan karakter bangsa pada kurikulum 2013, utamanya melalui mata pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode multi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa pada tiga sekolah di Kabupaten Pacitan, yakni SDN Ploso I, SMPN 1 Pacitan, maupun di SMAN 1 Pacitan. Data diperoleh dari penelusuran dokumen, observasi, angket, wawancara mendalam, dan focus group discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai budaya dan karakter juga menjadi ruh dalam kurikulum 2013. Secara eksplisit, berbagai muatan nilai budaya dan karakter bangsa tercantum standar kompetensi lulusan, rumusan kompetensi aspek sikap spiritual, dan rumusan kompetensi aspek sikap sosial. Demikian halnya dengan pembelajaran matematika, sangat relevan untuk menanamkan nilai budaya dan karakter bangsa, melalui pembelajaran tidak langsung. Problematikanya bertalian erat dengan problematika kurikulum 2013, yakni keluasan materi, sistematika materi, penilaian, dan proses adaptasi guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Edi Irawan, IAIN Ponorogo

Mathematic Education

References

Ahmad, Syarwan. “Problematika Kurikulum 2013 Dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah.” Jurnal Pencerahan 8, no. 2 (2014).

Badan Penelitian dan Pengembangan. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Cohen, Louis, Lawrence Manion, and Keith Morrison. Research Methods in Education. London: Routledge, 2013.

Denzin, Norman K., and Yvonna S. Lincoln. The Sage Handbook of Qualitative Research. New York: Sage Publication, 2005.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud, 2013.

Marsigit. “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Bahan Ajar.” In Seminar Pendidikan Karakter Pada Bahan Ajar. Surakarta: Didikpora Kota Surakarta, 2012.

———. “Pengembangan Nilai-Nilai Matematika Dan Pendidikan Matematika Sebagai Pilar Pembangunan Karakter Bangsa.” In Seminar Nasional Pengembangan Nilai-Nilai Dan Aplikasi Dalam Dunia Matematika Sebagai Pilar Pembangunan Karakter Bangsa. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2011.

McElmeel, Sharron L. Character Education: A Book Guide for Teachers, Librarians, and Parents. Libraries Unlimited, 2002.

Moloeng, Lexy J. Metode Penelitian Kualiatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Nasional, Kementerian Pendidikan. “Desain Induk Pendidikan Karakter,” 2010.

Pemerintah Republik Indonesia. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2010.

“Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah,” 2016.

“Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah,” 2016.

Prabowo, Agung, and Pramono Sidi. “Memahat Karakter Melalui Pembelajaran Matematika.” Bandung, 2010.

Prayitno, Edi, and Widyantini. Pendidikan Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika, 2011.

Salafudin. “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika” 10, no. 1 (2013).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Sinar Harapan, 2008.

Tim Penyusun. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kemendiknas, 2010.

“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

“Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005—2025,” 2007.

Zulkarnain, Wildan, Arbin Janu Setyowati, and Susriyati Mahanal. “Masalah Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kerangka Model Supervisi Pengajaran.” Translated by Maisyaroh. Manajemen Pendidikan 24, no. 3 (2014): 213.
Published
2016-12-01
How to Cite
Irawan, E. (2016). Implementasi Penanaman Karakter Melalui Matematika Pada Kurikulum 2013. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 1-18. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.4