Penerapan Pembelajaran CLIS dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Pemecahan Masalah

Main Article Content

Meirza Nanda Faradita

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir pemecahan masalah mata pelajaran IPA siswa kelas V di SDN Tawangsari. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Tawangsari Taman-Sidoarjo. Dengan jumlah siswa 46 orang, terdiri dari 25 orang laki-laki dan 21 orang perempuan.  Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di SD Tawangsari Taman-Sidoarjo. Pada siklus I, rata-rata keterampilan berpikir pemecahan masalah siswa adalah 68,47. Nilai rata-rata untuk Penilaian Harian proses (LKS) adalah 80,67 dengan kriteria sangat baik, dan untuk Penilaian Harian produk (evaluasi) adalah 68,02 dengan kriteria cukup. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan berpikir pemecahan masalah siswa adalah 76,8. Nilai rata-rata untuk Penilaian Harian proses (LKS) dan produk (evaluasi) adalah 94,35 dan 76,49. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa respon siswa dalam belajar IPA dengan menerapkan pembelajaran CLIS dengan menggunakan alat peraga sederhana dapat meningkatkan keterampilan berpikir pemecahan masalah dan meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa baik proses maupun produk.


Kata kunci: Pembelajaran CLIS, Alat Peraga Sederhana, Keterampilan Berpikir Pemecahan Masalah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
FARADITA, Meirza Nanda. Penerapan Pembelajaran CLIS dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Pemecahan Masalah. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, [S.l.], v. 3, n. 2, jan. 2019. ISSN 2548-4176. Available at: <http://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/50>. Date accessed: 21 jan. 2019. doi: https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i2.50.
Section
Articles