Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun

  • Naniek Kusumawati Universitas PGRI Madiun
Keywords: Scramble Education Model, Question Card Media, Science Evaluation Value

Abstract

Kurang antusiasnya siswa dalam kegiatan pembelajaran mengakibatkan perlu dikembangkan model dan media pembelajaran yang efektif. Siswa merasa bosan dengan model pembelajaran konvensional yang sering digunakan guru. Dalam memilih model pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan kondisisiswa, sifat materi bahan ajar, fasilitas media yang tersedia. Model pembelajaran Scramble dengan media Question Card merupakan daya dukung utama bagi guru untuk menciptakan suasana belajar siswa secara aktif, menumbuhkan kreativitas dan semangat siswa untuk mempelajari materi-materi  yang  ada  di  dalamnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian True Eksperimental. Desain penelitian Postest Only Control desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas IV eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol. Penentuan sampel di dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Dalam menganalisis data menggunakan metode statistik dengan rumus uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran Scramble dengan media Question Card terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kertosari II di Kabupaten Madiun. Ini terlihat pada hasil belajar nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan model tersebut 82,91, sedangkan siswa yang diajarkan dengan model konvensional 68,75, serta diperoleh = 6,074,lebih besar dari = 1,679.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Naniek Kusumawati, Universitas PGRI Madiun

Program Studi PGSD, FKIP, Universitas PGRI Madiun

Published
2019-06-28
How to Cite
Kusumawati, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 87-100. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.66