Analisis Kesalahan Siswa dan Pemberian Scaffolding Pada Materi Operasi Bilangan Bulat

Authors

  • Linda Asiawati Universitas Madura
  • Badruttamam Badruttamam Universitas Madura
  • Alfin Hidayat Universitas Madura
  • Hasan Basri Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i2.75

Keywords:

Error Analisis, Scaffolding, Integer Operation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bentuk scaffolding yang akan diberikan kepada siswa berdasarkan kesalahannya. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di sekolah dasar di Pamekasan dengan 14 siswa. Metode pengumpulan data dimulai dengan meminta peserta didik untuk menyelesaikan soal terkait operasi bilangan bulat khususnya penjumlahan dan pengurangan selanjutnya mengidentifikasi kesalahan melalui lembar jawaban siswa kemudian dilakukan wawancara untuk memastikan pola kesalahan siswa. Hasilnya dari 14 siswa ditemukan 4 jenis kesalahan yang dilakukan diantaranya siswa tidak memahami bilangan negatif; siswa tidak dapat membuat model matematika pada soal cerita dengan baik; siswa kesulitan pada saat ada operasi pengurangan dan tanda negatif pada bilangan yang berurutan; siswa tidak teliti dalam mengerjakan. Adapun scaffolding yang diberikan berdasarkan kesalahan siswa adalah bagi siswa yang tidak memahami bilangan negatif bisa di ilustrasikan dengan menggunakan kartu bermuatan; bagi siswa yang kesulitan dalam memodelkan soal cerita dengan benar, menggunakan ilustrasi dari kehidupan nyata yang sering dihadapi; menggunakan alat peraga kartu bilangan bermuatan atau dengan menggunakan garis bilangan dengan aturan yang telah ditetapkan terlebih dahulu; untuk siswa yang ceroboh, memberikan saran agar selalu mengecek jawaban setelah mengerjakan soal. Berdasarkan hasil pre tes dan post tes terlihat bahwa ada perbaikan hasil nilai siswa setelah memperoleh scaffolding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Septi Dariyatul, Ukhti Raudhatul Jannah, and Ririn Masruroh. “Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri.” Jurnal SIGMA 3, no. 1 (2017): 17–25. https://doi.org/10.0324/sigma.v3i1.337.

Anghileri, Julia. “Scaffolding Practices That Enhance Mathematics Learning.” Journal of Mathematics Teacher Education 9, no. 1 (February 2006): 33–52. https://doi.org/10.1007/s10857-006-9005-9.

Badriyah, Lailatul, A. R As’ari, and H Susanto. “Profil Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat.” In Seminar Matematika Dan Pembelajarannya. Malang: Universitas Negeri Malang, 2016.

Indahwati, Rohmah, and Hasan Basri. “PENGARUH PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA.” JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya 2, no. 2 (December 30, 2017): 74–83. https://doi.org/10.24269/JS.V2I2.787.

Kusrini, Kusrini, J.T Mayon, and P. Susanah Wijayanti. Strategi Pembelajaran Matematika. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.

Muammanah, ~, Agus Subaidi, and Lili Supardi. “Analisis Kesalahan Siswa MA Al-Falah Branta Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal UN Matematika Pokok Bahasan Statistika Kelas XI.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Integrasinya 2, no. 1 (November 30, 2018): 56–64.

Priyoko, Aditya. “Analisis Kesalahan Siswa Menurut Newman Dalam Menyelesaiakn Soal Cerita Materi Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat Kelas VII B SMP Pangudi Luhur Salatiga.” UKSW, 2010.

Ugi, La Eru. “ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA.” Jurnal Daya Matematis 4, no. 1 (July 30, 2016): 34. https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2450.

Published

2019-12-27

How to Cite

Asiawati, L., Badruttamam, B., Hidayat, A., & Basri, H. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dan Pemberian Scaffolding Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(2), 207-216. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i2.75