STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBINAAN OLIMPIADE DI MI MUSLIMAT NU SIDOARJO

Authors

  • Lazuardi Rahman Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Hikmah Surabaya
  • Adhy Putri Rilianti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Hikmah Surabaya
  • Wulida Arina Najwa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Hikmah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i1.227

Keywords:

model pembinaan, olimpiade SD, SD Muslimat NU Sidoarjo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Persiapan pembinaan, (2) Pelaksanaan pembinaan, dan (3) Evaluasi pembinaan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh narasumber yakni Wakil Kepala Sekolah, Guru Pembina, Siswa Olimpiade, dan Wali Siswa. Data diperoleh dari pedoman pertanyaan wawancara dan lembar studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman, yang meliputi kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Persiapan pembinaan olimpiade dirancang tiap tahun dan diawasi oleh pimpinan sekolah secara langsung. Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru kelas, dan guru pembina membantu dalam seleksi siswa pembinaan. Penyusunan program pembinaan diserahkan kepada koordinator dan pembina olimpiade. (2) Pelaksanaan pembinaan olimpiade dilaksanakan tiga kali dalam sepekan. Materi yang diberikan mencakup materi tahun sebelumnya yang didapat  dari hasil kerja sama pihak lain. Kegiatan pembelajarannya diawali penjelasan konsep dan pemberian soal latihan serta dibahas bersama pada kegiatan akhir. Metode pembinaan yang dilakukan dibuat agar siswa siap dan senang dalam mengikuti pembinaan. (3) Evaluasi pembinaan olimpiade memberikan motivasi kepada siswa lain untuk berprestasi. Menggunakan kurikulum Cambridge dan  memiliki balai bahasa dapat menyiapkan kemampuan dasar siswa untuk bersaing di olimpiade. Antusiasme siswa dan wali siswa yang tinggi juga mampu menunjang pembinaan olimpiade berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Budiningsih, Asri. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2015.

Bustomi, M Arief, and Sudarsono Sudarsono. “Pembinaan OSP IPA SMP Sekota Surabaya Oleh Departemen Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).” Jurnal Altifani?:Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 69–76. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i2.131.

Chandra, Tjang Daniel, Santi Irawati, Hery Susanto, and Dahliatul Hasanah. “Pelatihan Calon Pembina Olimpiade Matematika Bagi Guru SMP Di Kabupaten Blitar.” PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat 3, no. 1 (2019): 48–56.

Fauzan, Achmad, and Abdullah Ahmad Dzikrullah. “Optimalisasi Kecerdasan Siswa Dengan Intensitas Pembinaan Olimpiade Matematika.” AJIE: Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship 3, no. 3 (2018): 209–16.

Fitrianawati, Meita, and Mukti Sintawati. “Peningkatan Kompetensi Guru Pembimbing Olimpiade Matematika Siswa Sekolah Dasar Sekecamatan Tempel.” Sniemas Uad 2018, 2018, 205–10.

Fitriyah, Dina, Dios Sarkity, Mariyanti Elvi, and Metta Liana. “Pembinaan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Sains Bagi Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang.” Jurnal Anugerah 1, no. 2 (December 2019): 77–81. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1826.

Gita, I Nyoman, Putu Pasek Suryawan, and I Gusti Nyoman Yudi Artawan. “Pembinaan Olimpiade Matematika Bagi Siswa Dan Guru Sd Di Desa Sambangan.” International Journal of Community Service Learning 1, no. 1 (2017): 48–51. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11905.

Idrus, M. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Aksara, 2009.

Jana, Padrul. “Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta.” J-Dinamika?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (2017): 125–28. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.527.

Khodijah, Nyayu. “Psikologi Belajar.” Palembang: IAIN Raden Fatah Press, 2006.

Marisda, Dewi Hikmah, and Riskawati. “Peningkatan Kompetensi Guru IPA Sekolah Dasar Melalui Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN).” JCES: Jurnal of Character Education Society 3, no. 2 (2020): 187–95.

Mariyati, Yuni, Intan Dwi Hastuti, and Nursina Sari. “Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.” Sinergi: Jurnal Pengabdian Ummat 2, no. 1 (2019): 19–21.

Maulana, Frendi, and Siti Mutmainah. “Pembinaan Guru MTs Maarif NU 6 Taman Negeri Menghadapi Kompetisi Sains Madrasah ( KSM).” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 2 (2018): 38–42.

Mellyzar, Mellyzar, Herizal Herizal, Fajrul Wahdi Ginting, and Syafrizal Syafrizal. “Penguatan Materi Kompetisi Sains Nasional (KSN) Bagi Guru Sma Di Aceh Utara.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ 8, no. 2 (2021): 184–88. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i2.1568.

Miles, Matthew B., and M Hubberman. “Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition.” London: SAGE Publication, 2014. https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40.

Mustaqim. “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Untuk Mengikuti Lomba Di Sekolah Dasar Islam Al Falah Kota Jambi.” UIN Sultan Thana Saifuddin Jambi, 2020.

Nazir, M. “Metodologi Penelitian.” Bogor: Ghalia Indonesia., 2011.

Qadry, I.K. “Pelatihan Guru Pembimbing Olimpiade Matematika SD Dan SMP.” JAI: Jurnal Abdimas Indonesia 1, no. 2 (2021): 97–102.

Rohati, Rohati, Feri Tiona Pasaribu, and Diah Kumalasari. “Pkm Pengayaan Materi Olimpiade Matematika Untuk Guru Sd Al Fath Dan Sd Jambi Islamic School Kota Jambi Provinsi Jambi.” JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 24, no. 4 (2018): 870–78. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i4.12402.

Rosyid, A, M Noor, and A Sutisna. “Pembinaan Olimpiade MIPA SD Untuk Guru SD Di Gugus Ahmad Yani Kuningan.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Unuversitas Ahmad Dahlan, no. September (2019): 187–98.

Saldana. The Coding Manual for Qualitative Researchers (3rd Edition). California: SAGE Publication., 2009. https://doi.org/10.1108/qrom-08-2016-1408.

Setiawan, Slamet. “Model Strategi Pembelajaran Olimpiade Matematika Dalam Bahasa Inggris.” LPPM Universitas Negeri Surabaya, no. November (2015).

Strike, B, and Budiyono. “Penggunaan Model Problem Solving Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Di Sd Al Hikmah Surabaya.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 3 (2018): 363–72.

Sugiyarti, Sri, and Oktarina. “Efektivitas Program Bina Prestasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang.” DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 4, no. 2 (2020): 66–77.

Sugiyono, Prof. Dr. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

Susanto, G. N. “Peningkatan Prestasi Siswa SD Dalam Ajang Kompetisi OSN SD IPA Tingkat Nasional.” PROSIDING Seminar Nasional Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Lampung, 2016.

Sutriani, Eling, Syahrilfuddin Syahrilfuddin, and Eddy Noviana. “Gaya Belajar Siswa Berprestasi Akademik Pada Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 02 Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak.” JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 2, no. 6 (2018): 984–93. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6541.

Ubaidilah, Firdaus. “Pembinaan Dan Pelatihan OSN Tingkat Kabupaten Jember Bidang Matematika SMA Nuris Jember.” LPPM Universitas Jember, 2018.

Widyanti, T. “Keterampilan Belajar Abad 21 Untuk Melatih Berpikir Kritis Melalui Sistem Pembelajaran Berbasis ICT.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana UNIGAL 5, no. 2 (2017): 1458–14.

Wijaya, Estika Y, DA Sudjimat, and Amat Nyoto. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Kanjuruhan Malang 1 (2016): 263–78.

WIYOKO, TRI, Megawati Megawati, Aprizan Aprizan, and Nurlev Avana. “Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains (OSN).” Warta LPM 22, no. 2 (2019): 67–75. https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8619.

Yuniarti, Suci, and THNI Sari. “PKM Strategi Pemecahan Masalah Matematika Sebagai Persiapan OSN Matematika Tingkat SD Dan SMP Di Kota Balikpapan.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 8, no. 1 (2020): 79–85.

Yuntawati, Yuntawati, and Sanapiah Sanapiah. “Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika Jenjang SMP Kabupaten Lombok Tengah.” Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service) 2, no. 3 (2020): 172–79. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.304.

Zulfarina. “Persiapan Siswa Dalam Menghadapi OSN Dengan Pembinaan Kompetensi Guru Pendamping OSN SMP Di Kota Dumai.” Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Riau Pekanbaru, 2012.

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles