PENERAPAN BLENDED LEARNING DI MI MA’ARIF MAYAK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Oga Sugianto Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i1.234

Keywords:

pelaksanaan pembelajaran, model pembelajaran, pembelajaran berbasis blended learning, penilaian pelaksanaan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang dengan teknik analisis deskriptif, dilaksanakan di MI Ma’arif Mayak Ponorogo. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusunan secara sistematis, data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan  penerapan pembelajaran blended learning di MI Ma'arif Mayak Ponorogo meliputi kegiatan menentukan aplikasi pembelajaran yang menggunakan whatsapp dan google form, pendataan kondisi dan nomor telepon siswa dengan membuat grup whatsapp, menyiapkan RPP, menyiapkan bahan materi, menentukan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran blended learning di MI Ma’arif Mayak Ponorogo meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaaran. Pada tahap evaluasi pembelajaran  blended learning di MI Ma’arif Mayak Ponorogo yaitu a) berisikan penilaian pengetahuan dan keterampilan dan b) dampak positif dan dampak negatif pembelajaran. Dampak positif seperti guru belajar lebih dalam mengenai teknologi informatika. Dampak negatif seperti kurangnya paham siswa mengenai materi pembelajaran yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, Muhammad Taufik, Teuku Junaidi, and Muhammad Yakob. “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh.” Jurnal Mimbar Ilmu 25, no. 3 (2020): 402.

Octavia, Shilphy A. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Cudi Utama, 2020.

Rohmanu, Abid, Evi Muafiah, Arif Rahman Hakim, and Vivi V W Damayanti. “Kesiapan, Kompleksitas Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh: Perspektif Mahasiswa IAIN Ponorogo.” At-Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 2 (2020): 221–41.

Santoso, Subhan Adi, and M. Chotibuddin. Pembelajaran Blended Learning Masa Pandemi. Pasuruan: Qiara Media, 2020.

Sari, Milya. “Analisis Model-Model Blended Learning Di Lembaga Pendidikan.” NATURAL SCIENCE: Jurnal Pendidikan IPA Dan Pendidikan IPA 5, no. 2 (2019): 836.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI § (n.d.). http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/%0Ahttp://jukeunila.com/wp-content/uploads/2016/12/Dea-Nur.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.

“Wawancara Dengan Roman Nur, Selaku Guru Kelas III MI Ma’arif Mayak.” 2020.

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles