Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar 1 dengan Model Learning Cycle

Authors

  • Syaiful Arif IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.90

Keywords:

pengembangan, validasi, praktikum, ADDIE,

Abstract

Abstrak

Pembelajaran praktikum kimia dasar 1 di Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam IAIN Ponorogo menemui beberapa kendala diantaranya belum tersusunnnya panduan praktikum yang menunjang mata kuliah prktikum kimia dasar. Penelitian ini  bertujuan untuk mengembangkan penduan prakatikum kimia dasar 1 yang tervalidasi oleh para ahli dibidang kimia dan media. Learning Cycle merupakaan model yang dipilih dalam penelitian ini agar menghasilkan produk panduan praktikum sesui dengan karakter dan keunikan dalam pembelajaran praktikum kimia dasar 1. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, tahap design, tahap development, tahap implementation, dan tahap evaluation. Agar mendapatkan produk pengembangan yang baik dilakukan proses validasi ahli isi/materi dan validasi ahli media dan desain pembelajaran. Hasil validasi ahli isi/materi yang dilakukan oleh tiga ahli menunjukkan skor rata rata 90 % sangat memenuhi dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran praktikum kimia dasar 1, sedangkan hasil validasi ahli media atau desain pembelajaran yang dilakukan oleh dua orang ahli menunjukkan skor rata-rata 83,14 % memenuhi dan layak digunakan dalam pembelajaran praktikum kimia dasar 1. Sedangkan pada tahap implementasi skala kecil dilapangan menunjukkan skor 88,50% yang menunjukkan panduan praktikum kimia dasar 1 yang dikembangkan layak dan mudah dalam penggunaanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mohammad. Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo, 2009.
Aragon, Lorraine V. “Copyrighting culture for the nation? Intangible property nationalism and the regional arts of Indonesia.” International Journal of Cultural Property 19, no. 3 (2012): 269–312.
Arifin, Mulyati. Strategi Belajar Mengajar Kimia. Malang: Universitas Negeri Malang Press, 2005.
Arkun, Selay, dan Buket Akkoyunlu. “A Study on the Development Process of a Multimedia Learning Environment According to the ADDIE Model and Students’ Opinions of the Multimedia Learning Environment.” IEMJournal, 2008, 1–19.
Darimi, Ismail. “Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2016): 30–43.
Kholis, Nur. “Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-undang Sisdiknas 2003.” Jurnal Kependidikan 2, no. 1 (2014): 71–85.
Manurung, Rosida Tiurma. “Pendidikan antikorupsi sebagai satuan pembelajaran berkarakter dan humanistik.” Jurnal Sosioteknologi 11, no. 27 (2012): 227–239.
Melani, R, dan & Sugiharto Harlita B. “Pengaruh Metode Guided Discovery Learning terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.” Jurnal Pendidikan Biologi 4 No 1 (t.t.): 97–105.
Nugroho, Eko Budi Prasetyo, Endang Budiasih, dan Dedek Sukarianingsih. “Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas X Semester 2 Berbasis Learning Cycle 5E.” Atikel Publikasi Universitas Negeri Malang, 2013.
Pribadi, B. A. odel Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta, 2011.
Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Riduwan. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Jakarta: Alfa Beta, 2003.
Turkmen, Hakan. What Technology Plays Supporting Role in Learning Cycle Approach for Science Education. TOJET, 2006.
Wiratno, Siswo. “Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di pendidikan tinggi.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 18, no. 4 (2012): 454–466.

Published

2020-06-30

How to Cite

Arif, S. (2020). Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar 1 dengan Model Learning Cycle . Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.90