Pembelajaran Fisika Dasar Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Diagram Vee

  • Faninda Novika Pertiwi IAIN Ponorogo
Keywords: pembelajaran Fisiska, pendidikan Islam, diagram vee

Abstract

Penelitian ini dilatorbelakangi oleh pembelajaran Fisika yang selama ini dilakukan kurang bermakna. Selama ini pembelajaran Fisika yang dilakukan belum pernah diintegrasikan dengan nilai-nilai pendidikan Islam dan kurang melibatkan peserta didik dengan maksimal. Berdasarkan hal tersebut, makapada penelitian ini peneliti ingin mengimplementasikan pembelajaran Fisika dasar terintegrasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui diagram Vee dengan tujuan agar tercipta pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Materi Fisika yang disampaikan pada penelitian ini adalah kesetimbangan benda tegar, kalor, fluida dan gelombang. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa IAIN Ponorogo, Jurusan Tarbiyah Prodi tadris IPA yang berjumlah 38 mahasiswa. Data hasil penelitian berupa hasil angket yang berkaitan dengan pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil angket, terlihat bahwa setiap indikator dari pembelajaran bermakna mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Peningkatan paling kecil terlihat pada indikator kemampuan menemukan jawaban sendiri dari suatu permasalahan yang ada yaitu sebesar 0,6%. Sedangkan peningkatan paling besar terlihat pada indikator kemampuan menghubungkan materi baru yang dipelajari dengan pengetahuan sebelumnya mengalami peningkatan paling besar yaitu sebesar 12,5%. Untuk indikator kemampuan menghubungkan materi yang dipelajari dengan salah satu ayat dalam Al-Qur’an mengalami peningkatan sebesar  9 % dan yang terakhir indikator kemampuan mengaplikasikan materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari mengalami peningkatan sebesar 6,5 %. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bermakna dapat tercapai dengan mengintegrasikan materi Fisika dengan ayat Al-Qur’an yang sesuai.Karena dengan begitu peserta didik lebih menghargai dan meyakini keteraturan alam ciptaan Tuhan. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan IPA di Indonesia yaitu agar peserta didik memiliki keyakinan keteraturan alam ciptaan-Nya dan keagungan Tuhan YME.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Faninda Novika Pertiwi, IAIN Ponorogo

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

References

Bawaneh, Ali Khalid Ali, Ahmad Nurulazam Md Zain, and Munirah Ghazali. “The Effectiveness of Conflict Maps and the V-Shape Teaching Method in Science Conceptual Change among Eighth-Grade Students in Jordan.” International Education Studies 3, no. 1 (2010): 96.
DEPDIKNAS. “Undang-Undang RI No 29 Pasal 1 Tahun 2003.” DEPDIKNAS, 2003.
Depdiknas, Pusat Kurikulum Penelitian dan Pengembangan. “Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Fisika Sekolah Lanjutan Pertama,” 2001. http://www.infokursus.net/download/0602131059KBK_musik_Diknas_2009.pdf.
Karli, H dan Sriyuliaratnaningsih. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosdakarya, 2004.
Keleş, Özgül, and Sibel Özsoy. “Pre-Service Teachers’ Attitudes toward Use of Vee Diagrams in General Physics Laboratory.” International Electronic Journal Environmental Education 1, no. 3 (2009). http://dergipark.ulakbim.gov.tr/iejeegreen/article/download/5000133234/5000122068.
Latifah, Sri, Eka Setiawati, and Abdul Basith. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu Dan Kalor.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 5, no. 1 (2016): 43–52.
Nana, Sukmadinata Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Nurhadi, Burhan Yasin, and Agus Gerrad Senduk. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press, 2004.
Patmawati. “Penerapan Model Inkuiri Dengan Siklus Belajar Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Dan Prestasi Belajar Kognitif Siswa Kelas XII IPA 3 SMAN Purwosari,” 2006. http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=55417.
Suharsimi, Arikunto, and others. “Penelitian Tindakan Kelas.” Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Tomo, Djudin. “Menyisipkan Nilai-Nilai Agama Dalam Pembelajaran Sains: Suatu Alternatif Memagari Keimanan Siswa.” Jurnal Program Studi FKIP Fisika, Universitas
Published
2016-12-31
How to Cite
Pertiwi, F. (2016). Pembelajaran Fisika Dasar Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Diagram Vee. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 35-46. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.7