Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.
  • References are using Chicago footnote (fullnote)
  • text spacing 1.15; using 12pt font; cambria font theme; A4 paper size;

Author Guidelines

Judul Naskah Publikasi Maksimum 14 Kata dalam Bahasa Indonesia (Center, Cambria 14pt, maks 12 kata Bahasa Indonesia or 10 words in English)

Penulis Pertama1, Penulis Kedua2 (1.2Institusi Penulis)

Email Penulis Pertama (penulis korespondensi)

Abstrak

Abstrak Maksimal 200 kata berbahasa Indonesia dengan Cambria 12 pt dan 1 spasi. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat.

Kata Kunci: 3-5 kata kunci, algoritma A, algoritma B, kompleksitas

Abstract

 A maximum 200 word abstract in English in italics with Cambria 11 point and 1 spacing. Abstract should be clear, descriptive, and should provide a brief overview of the problem studied. Abstract topics include reasons for the selection or the importance of research topics, research methods and a summary of the results. Abstract should end with a comment about the importance of the results or conclusions brief.

Keywords : 3-5 keywords, algorithm A, B algorithms, complexity

 1. PENDAHULUAN

Pendahuluan menguraikan latar belakang  permasalahan yang diselesaikan, isu-isu yang terkait dengan masalah yg diselesaikan, ulasan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain yg relevan dengan penelitian yang dilakukan, tinjuan pustaka, dan tujuan penelitian.

2. METODE PENELITIAN

Metode Penelitian bisa meliputi analisis, arsitektur, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, implementasi. Bagian ini menjelaskan secara rinci tentang penelitian yang dilakukan.

3. HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini merupakan bagian utama artikel hasil penelitian dan biasanya merupakan bagian terpanjang dari suatu artikel. Hasil penelitian yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”. Proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Hanya hasil analisis dan hasil pengujian hipotesis saja yang perlu dilaporkan. Tabel dan grafik dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil penelitian secara verbal. Tabel dan grafik harus diberi komentar atau dibahas.

Untuk penelitian kualitatif, bagian hasil memuat bagian-bagian rinci dalam bentuk sub topik-sub topik yang berkaitan langsung dengan fokus penelitian dan kategori-kategori.

Pembahasan dalam artikel bertujuan untuk: (1) menjawab rumusan masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian; (2) menunjukkan bagaimana temuan-temuan itu diperoleh; (3) menginterpretasi/ menafsirkan temuan-temuan; (4) mengait-kan hasil temuan penelitian dengan struktur pengetahuan yang telah mapan; dan (5) memunculkan teori-teori baru atau modifikasi teori yang telah ada.

Dalam menjawab rumusan masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian, hasil penelitian harus disimpulkan secara eksplisit. Penafsiran terhadap temuan dilakukan dengan menggunakan logika dan teori-teori yang ada. Temuan berupa kenyataan di lapangan diintegrasikan/ dikaitkan dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya atau dengan teori yang sudah ada. Untuk keperluan ini harus ada rujukan. Dalam memunculkan teori-teori baru, teori-teori lama bisa dikonfirmasi atau ditolak, sebagian mungkin perlu memodifikasi teori dari teori lama.

Dalam suatu artikel, kadang-kadang tidak bisa dihindari pengorganisasian penulisan hasil penelitian ke dalam “anak subjudul”. Berikut ini adalah cara menuliskan format pengorganisasian tersebut, yang di dalamnya menunjukkan cara penulisan hal-hal khusus yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah artikel.

Singkatan dan Akronim

Singkatan yang sudah umum seperti seperti IEEE, SI, MKS, CGS, sc, dc, and rms tidak perlu diberi keterangan kepanjangannya. Akan tetapi, akronim yang tidak terlalu dikenal atau akronim bikinan penulis perlu diberi keterangan kepanjangannya. Sebagai contoh: Model pembelajaran MiKiR (Multimedia interaktif, Kolaboratif, dan Reflektif) dapat digunakan untuk melatihkan penguasaan keterampilan pemecahan masalah. Jangan gunakan singkatan atau akronim pada judul artikel, kecuali tidak bisa dihindari.

Satuan

Penulisan satuan di dalam artikel memperhatikan aturan sebagai-berikut:

  • Gunakan SI (MKS) atau CGS sebagai satuan utama, dengan satuan sistem SI lebih diharapkan.
  • Hindari penggabungan satuan SI dan CGS, karena dapat menimbulkan kerancuan, karena dimensi persamaan bisa menjadi tidak setara.
  • Jangan mencampur singkatan satuan dengan satuan lengkap. Misalnya, gunakan satuan “Wb/m2” or “webers per meter persegi”, jangan “webers/m2”.

Persamaan

Penulis seharusnya menuliskan persamaan dalam font Cambria atau font Symbol. Jika terdapat beberapa persamaan, beri nomor persamaan. Nomor persamaan seharusnya berurutan, letakkan pada bagian paling kanan, yakni (1), (2), dan seterusnya. Gunakan tanda agar penulisan persamaan lebih ringkas. Gunakan font italic untuk variabel, huruf tebal untuk vektor.

Gunakan ukuran (size) berikut ini pada Microsoft Equation Editor:

Full                                          : 10 pt

Subscript/Superscript         : 5 pt

Sub-subscript/superscript  : 3 pt

Symbol                                   : 16 pt

Sub-symbol                            : 10 pt

Gambar dan Tabel

Tempatkan label tabel di atas tabel, sedangkan label gambar di bagian bawah tabel. Tuliskan tabel tertentu secara spesifik, misalnya Tabel 1, saat merujuk suatu tabel.

Sedangkan gambar disarankan untuk menggunakan fitur text box pada MS Word untuk menampung gambar atau grafik, karena hasilnya cenderung stabil terhadap perubahan format dan pergeseran halaman dibanding insert gambar secara langsung.

Kutipan dan Acuan

Salah satu ciri artikel ilmiah adalah menyajikan gagasan orang lain untuk memperkuat dan memperkaya gagasan penulisnya. Gagasan yang telah lebih dulu diungkapkan orang lain ini diacu (dirujuk), dan sumber acuannya dimasukkan dalam Daftar Pustaka.

Daftar Pustaka harus lengkap dan sesuai dengan acuan yang disajikan dalam batang tubuh artikel. Artinya, sumber yang ditulis dalam Daftar Pustaka benar-benar dirujuk dalam tubuh artikel. Sebaliknya, semua acuan yang telah disebutkan dalam artikel harus dicantumkan dalam Daftar Pustaka. Untuk menunjukkan kualitas artikel ilmiah, daftar yang dimasukkan dalam Daftar Pustaka harus cukup banyak. Daftar Pustaka disusun secara alfabetis dan cara penulisannya disesuaikan dengan aturan yang ditentukan dalam jurnal. Kaidah penulisan kutipan, acuan, dan Daftar Pustaka mengikuti aturan Chicago Full note (footnote) serta usahakan menggunakan menggunakan aplikasi Zotero atau Mendeley.

4. PENUTUP

Simpulan

Simpulan menyajikan ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan, mengacu pada tujuan penelitian. Berdasarkan kedua hal tersebut dikembangkan pokok-pokok pikiran baru yang merupakan esensi dari temuan penelitian.

Saran

Saran disusun berdasarkan temuan penelitian yang telah dibahas. Saran dapat mengacu pada tindakan praktis, pengembangan teori baru, dan/atau penelitian lanjutan

5. DAFTAR PUSTAKA

berikut contoh dari daftar pustaka

Argyle, Micheal. The Psychology of Happiness, Second Edition, New York: Routledge. New York: Routledge, Taylor and Francis Group, 2001.

Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications. Inc, 2009.

Eid, Michael, and Randy J Larsen. The Science Of Subjective Well-Being, New. New York: The Gulford Press, 2008.

Fahrudin. “Hakikat Dan Tujuan Hidup Manusia Menurut Al-Ghazali.” Accessed April 6, 2017. http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/M_K_D_U/195910081988031FAHRUDIN/konsep_manusia_al-ghazali.pdf.

Kesiber, Pelin, and ED Diener. “In Pursuit Of Happiness: Empirical Answer to Philosophical Questions,” Perspectives on Psychological Science, Vol. 2 Number 3 (n.d.).

Radeya, Syaiful H. “Konsep Happiness Dan Pengukurannya.” Accessed April 8, 2017. https://www.academia.edu/8107281/KONSEP_HAPPINESS_DAN_PENGUKURANNYA.

“Remaja, Klithih, Dan Hal-Hal Yang Belum Selesai.” Accessed April 16, 2017. http://regional.liputan6.com/read/2888555/remaja-klithih-dan-hal-hal-yang-belum-selesai.

Rusydi. Psikologi Kebahagiaan: Dikupas Melalui Pendekatan Psikologi Yang Sangat Menyentuh Hati. Yogyakarta: Progresif Books, 2007.

Santhoso, Fauzan Heru, and Moh Abdul Hakim. “Deprivasi Relatif Dan Prasangka Antar Kelompok,” Jurnal Psikologi, 39 No. 1 (June 2012).

Seligman, Martin E.P. Authentic Happiness: Using The New Positive Psychology To Realize Your Potential For Lasting Fulfillment. New York: The Free Press, 2002.

Stein, Joel. “Marriage: Is There A Hitch”, Time Magazine.” 9 Januari  2005. Accessed April 8, 2017. ttp://content.time.com/time/magazine/article/0,9171,1015873,00.html./.

Strauss, Anselm, and Juliet Corbin. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif: Tata Langkah Dan Teknik-Teknik Teoritisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Veenhoven, Ruut. Condition of Happiness. Holland: D. Reidel Publishing Company, 1984.

———. “Orientation to Happiness and Life Satisfaction: The Full Life versus the Empty Life,” Journal of happiness studies, Vol. 14 (n.d.).

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.