Komunikasi Edukatif dalam Perspektif Alquran (Analisis Kisah Musa)

  • Khori Robihatul Musayadah IAIN Ponorogo
  • Evi Mu'afiah IAIN Ponorogo
Keywords: Komunikasi Edukatif, Kisah Musa dalam Al-Qur’an

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan dalam kehidupan. Komunikasi memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah fungsi edukasi atau pendidikan. Nabi Musa merupakan salah satu Rasul Allah yang dapat dijadikan tauladan oleh seorang pendidik dalam melaksanakan pembelajaran. Adapun metode yang digunakan adalah content analysis dan penelitian ini merupakan jenis penelitian library research dengan pendekatan Historis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) komunikasi yang terjadi dalam kisah Musa merupakan komunikasi edukatif yang dapat dilihat dari peran Nabi Musa sebagai seorang edukator dan tujuan komunikasi tersebut yaitu mengubah pengetahuan Bani Israil tentang ketauhidan; (2) tahapan-tahapan yang terdapat dalam strategi komu-nikasi edukatif dalam kisah Musa adalah menemukan masalah Bani Israil, menentukan tujuan, merencanakan komunikasi, menyampaikan risalah, Umpan balik, dan evaluasi beru-pa cobaan; (3) tahapan strategi komunikasi edukatif dalam kisah Musa merupakan gabung-an dari tahapan strategi komunikasi Cultid dan Center, Philip Lesly, John Middleton, lima langkah, dan advokasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Khori Robihatul Musayadah, IAIN Ponorogo

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Evi Mu'afiah, IAIN Ponorogo

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

References

AW, Suranto. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graham Ilmu, 2011.
Cangara, Hafied. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Effendi, Mukhlison. Komunikasi Orang Tua Dengan Anak (Keharusan Yang Sering Terabaikan). Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2012.
Hadi, Amirul, and Haryono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 1998.
Iskandar. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi, 2012.
Kementrian Agama RI. “Al-Qur’an Dan Tafsirnya.” Lentera Abadi, 2010.
Mufid, Muhammad. Etika Dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
———. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya, 2007.
Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokrasi, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2003.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Suprapto, Tommy. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo, 2006.
Suyono, and Hariyanto. Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Published
2016-12-31
How to Cite
Musayadah, K., & Mu’afiah, E. (2016). Komunikasi Edukatif dalam Perspektif Alquran (Analisis Kisah Musa). Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 47-58. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.8