Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.5

Keywords:

Peningkatan, Hasil Belajar, RME

Abstract

Mata pelajaran matematika  khususnya dalam bidang geometri merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peran sangat penting dalam penguasaan materi mata pelajaran yang selanjutnya. Tetapi kenyataannya penguasaan siswa kelas VIIIC di SMPN I  Donomulyo  terhadap mata pelajaran geometri ini masih relatif rendah. Akibatnya hasil belajar siswa juga rendah. Berdasarkan hal tersebut maka upaya yang dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran adalah dengan menerapkan pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika realistik pada materi prisma dan limas yang dapat meningkatkan hasil belajar  siswa kelas VIIIC SMPN I Donomulyo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika pada materi prisma dan limas dapat meningkat melalui pembelajaran matematika realistik. Hasil penelitian menyatakan bahwa persentase hasil tes secara klasikal yang mendapatkan skor minimal 75  meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 16%, persentase hasil observasi aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 14%, persentase hasil observasi aktivitas guru  meningkat sebesar 8% dari siklus I ke siklus II,  persentase hasil angket meningkat sebesar 8% dari siklus I ke siklus II, dan hasil wawancara juga meningkat dari 2 siswa menjadi 3 yang menyatakan memahami materi prisma dan limas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

, IAIN Ponorogo

Mathematic Education

References

Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Abdussakir, Abdussakir. “Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele.” MADRASAH 2, no. 1 (2012).

Arikunto, Suharsimi. Dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Bobango, J. C. Geometry for All Student: Phase-Based Instruction. Dalam Cuevas (Eds). Reaching All Students With Mathematics. Virginia: TheNational Council of Teachers of Mathematics, Inc, 1993.

BSNP. “Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.” BSNP, 2006.

Budiarto, Mega T. “Pembelajaran Geometri Dan Berpikir Geometri.” In Dalam Prosiding Seminar Nasional, 2000.

Fatmahanik, Ulum. “MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI).” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 14, no. 1 (2016): 107–122.

Gravemeijer, Koeno Pay Eskelhoff. Developing Realistic Mathematics Education. CD-[beta] Press, 1994.
Hadi, Sutarto. Pendidikan Matematika Realistik Dan Implementasinya. Tulip, 2005.

Hudojo, H. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika Edisi Revisi II. Malang: Universitas Negeri Malang. UM press, 2005.

Kho, R. “Tahap Berpikir Dalam Belajar Geometri Siswa-Siswa Kelas II SMP Negeri I Abepura Di Jayapura Berpandu Pada Model van Hiele.” Diakses Pada Tanggal 15 (1996).

Lexy, J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.

Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif, 1992.

MKPBM, Tim. “Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.” Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, 2001.

Prihandoko, Antonius Cahya. “Pemahaman Dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar Dan Menarik.” Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2006.

Purnomo, A. “Penguasaan Konsep Geometri Dalam Hubungannya Dengan Teori Perkembangan Berpikir van Hiele Pada Siswa Kelas II SLTP Negeri 6 Kodya Malang.” Tesis (tidak diterbitkan). Malang: PPS IKIP Malang, 1999.

Soedjadi, R. “Pemanfaatan Realitas Dan Lingkungan Dalam Pembelajaran Matematika.” In Makalah Di Sampaikan Pada Seminar Nasional Realistics Mathematics Education (RME) Di Jurusan Matematika FMIPAA UNESA, Vol. 24, 2001.

Suwarsono, St. “Beberapa Permasalahan Yang Terkait Dengan Upaya Impelmentasi Pendidikan Matematika Realistik Di Indonesia.” In Makalah Seminar Nasional Di Univ. Sanata Dharma Yokyakarta, 14–15, 2001.

Treffers, A. “Didactical Background of Mathematics Program for Primary Education in Primary School.” Utrecht: Freudenthial Institut, 1991.

Published

2016-12-01