Keefektifan Kalimat pada Lembar Jawaban UAS Mahasiswa IAIN Ponorogo dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Yuentie Sova Puspidalia IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i2.55

Keywords:

Sentences efektivity, Indonesian Language Education

Abstract

Dalam ujian tulis, tidak sedikit mahasiswa IAIN Ponorogo yang  cara menjawab dan menjelaskan gagasan-gagasannya membingungkan dan tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.  Hal ini menyebabkan dosen dalam mengoreksi menjadi gagal paham karena gagasan yang disampaikan sulit dimengerti. Salah satu penyebabnya  adalah ketidakefektifan kalimat yang digunakan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan  menjelaskan keefektifan kalimat berdasarkan tinjauan fonologi, morfologi, sintaksis/ gramatikal, semantik, dan leksikal serta menjelaskan kebermanfaatannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia  di IAIN Ponorogo.  Untuk menyelesaikan penelitian ini, digunakan pendekatan kuali­ta­tif desktriptif. Teknik analisis data berupa analisis tekstual dan deskriptif. Hasilnya, ditemukan ketidakefektifan kalimat hampir pada semua aspek kebahasaan, baik dari ciri fonologis berkaitan dengan tanda baca (13, 96%) dan ejaan (67,69%), ciri morfologis (8,94%), ciri sintaksis (1,40%), ciri gramatikal (14,52%), ciri semantik (27,69%) maupun ciri leksikal (1,40%). Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi dosen pengampu dalam menerapkan pembelajaran bahasa Indonesia pada pokok bahasan kalimat efektif. Sebab, selama ini pembelajaran bahasa Indonesia di IAIN Ponorogo dirasa belum berhasil seratus persen. Hal ini dari kalimat-kalimat yang digunakan mahasiswa untuk menjawab soal-soal ujian akhir semester masih banyak yang tidak efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuentie Sova Puspidalia, IAIN Ponorogo

Doesen IAIN Ponorogo

References

Awalin, Ni’matul. 2013. Kualitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Abstrak Skripsi Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang Tahun 2008-2012. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Arifin, E. Zainal dan Arman Tasay. 2000. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Cetakan IV. Jakarta: Akademika Pressindo.
Alwasilah, Chaedar. 1985. Sosiologi Bahasa. Bandung Angkasa.
Ary, Donald. 1992. Introduction Research in Education. New York: Hold, Rinehart and Winston
Badudu, J.S. 1991. Inilah Bahasa Indonesia yang benar. Jakarta: Gramedia.
Drost, J. 2003. Humaniora, Sains, Etika Profesi dalam Arah Reformasi Indonesia. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Sanata Dharma.
Finoza, Lamudin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Insan Mulia.
Halim, Amran. 1976. “Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia” Politik Bahasa Nasional 2. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hastuti, Sri. 2003. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Mita Gama Widya.
Juliana. 2014. Analisis Keefektifan Kalimat Karangan Deskripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang Tahun Akademik 2013/2014. Skripsi. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Kurniawan, Khaerudin. 2017. Menjadikan Bahasa Indonesia yang Bermartabat dan Jati diri Bangsa, File.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/190001081990021 /Makalah_HPBI_2008. Pdf diakses tanggal 24 September 2017.
Lado, Robert. 1957. Linguistic Across Cultures. ANN Arbor: University of Michigan Press.
Moeljono, St. 1990. Bahasa Indonesia: Pengantar Kepada Keterampilan Menyajikan Karangan. Madiun: Widya Mandala.
Moleong, Lexi J. 1991. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurliza. 2009. “Keefektifan kalimat dalam Karangan Eksposisi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ipuh Bengkulu” Skripsi. Padang: FKIP Universitas Bung Hatta.
Parera, Jos Daniel. 1997. Linguistik Edukasional: Metodologi Pembelajaran Bahasa, Analisis Kontrastif antar Bahasa, Analisis Kesalahan Berbahasa, Jakarta: Erlangga.
Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Matakuliah Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Gramedia.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Dua Wacana University Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. 2000. Membina, Memelihara dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.
Sasangka dan Darheni,. 2012. Jendela Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Elmatera Publishing.
Widjono, Hs. 2007. Bahasa Indonesia: Matakuliah Pengembang Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia.

Published

2018-12-28

How to Cite

Puspidalia, Y. S. (2018). Keefektifan Kalimat pada Lembar Jawaban UAS Mahasiswa IAIN Ponorogo dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(2), 159-178. https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i2.55