Kontribusi Quantum Learning terhadap Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Siswa SD

Authors

  • IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.11

Keywords:

kecerdasan interpersonal, pembelajaran kuantum, afektif

Abstract

Dalam upaya peningkatan hasil pembelajaran, hal ini semakin mendorong upaya guru untuk merancang sebuah pembelajaran yang mampu mengakomodasi segala jenis hasil pembelajaran. Hasil pembelajaran yang tidak hanya berkaitan dengan penguasaan materi, namun juga berkaitan dengan karakter siswa. Karakter-karakter yang bermakna untuk siswa dalam menghadapi kehidupan sosial. Kehidupan sosial siswa tidak hanya dalam lingkungan keluarga dan sekolah. Ketika siswa melakukan kesalahan masih terdapat pihak-pihak yang mampu menegur dengan cara yang baik. Tidak bisa dipungkiri lagi jika kehidupan siswa juga dalam lingkungan masyarakat, yang di dalamnya membutuhkan kecerdasan interpersonal yang lebih baik dalam menghadapinya. Kajian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi pembelajaran yang mampu mewadahi tidak hanya hasil pembelajaran kognitif namun juga afektif. Hasil belajar afektif berupa kemampuan menerima dan memperhatikan suatu objek, menanggapi, menghargai, mengatur atau mengorganisasikan, serta menginternalisasi nilai-nilai menjadi pola hidup. Kajian ini ditujukan pada kemampuan siswa dalam bekerjasama, bergotong royong, dan menjalin hubungan yang baik dalam berbagai macam lingkungan. Dengan bercermin dari pembelajaran yang seringnya berpusat pada guru yang menjadikan siswa cenderung lebih pasif, maka diharapkan selanjutnya pembelajaran mampu menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran agar memberikan hasil pembelajaran yang tidak hanya dalam ranah kognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

, IAIN Ponorogo

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

References

Ahmadi, Abu, and Munawar Sholeh. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Amstrong, Thomas. Setiap Anak Cerdas: Panduan Membantu Anak Belajar Dengan Memanfaatkan Multiple Intelligence-Nya. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2002.
Anderson, Lorin W., and David R. Krathwohl, eds. Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Translated by Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Anggraeni, Viana Teti, Sutama, and Samino. “Dampak Komunikasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar.” Varia Pendidikan 26, no. 1 (June 2014).
Danim, Sudarwan. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, 2013.
Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
DePorter, Bobbi, and Mike Hernacki. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Edited by Sari Meutia. Translated by Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa, 2015.
Dimyati, and Mudjiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Kosasih, Nandang, and Dede Sumarna. Pembelajaran Kuantum Dan Optimalisasi Kecerdasan. Edited by Ajat Rukajat and (pertama). Bandung: Alfabeta, 2013.
Lie, Anita. Cooperative LearningMempraktekkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2005.
McElmeel, Sharron L. Character Education: A Book Guide for Teachers, Librarians, and Parents. United States of America: Teacher Ideas Press, 2002.
N. L., Gage, and C. Berliner David. Educational Psychology. Chicago: Rand Mc Nally College Publishing Company, 1984.
Nastiti, Filumena Ajeng. “Peningkatan Kerjasama Dan Prestasi Belajar IPS Dengan Pembelajaran Kooperatif STAD Pada Siswa Kelas III SD Kanisius Kintelas I Yogyakarta.” Universitas Sanata Dharma, 2014.
Noor Izzati, Isna. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kuantum Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banyuputih 04 Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2008/ 2009.” Universitas Sebelas Maret, 2009. http://eprints.uns.ac.id/6613/1/100410709200909441.pdf.
Nur, Mohamad, Prima Retno Wikandari, and Bambang Sugiarto, trans. Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA, 2008.
Rahyubi, Heri. Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi Dan Tinjauan Kritis. Edited by Nurdin. Bandung: Referens, 2014.
Republik Indonesia. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.
Safaria, T. “Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak.” Yogyakarta: Amara Books, 2005.
Schunk, Daleh H. Learning Theories-an Educational Perspective. Edited by Erika Setyowati. Translated by Eva Hamdiah and Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Sobur, Alex. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia, 2003.
Weni Tria Anugrah. Review of Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemahaman Konseptual terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Keliling dan Luas Bangun Dasar Sederhana Siswa Sekolah Dasar, by Siti Maghfiroh Amin and M. V. Roesminingsih. Jurnal Review Pendidikan Dasar 1 (1) (2015): 75–80.
———. “Penggunaan Media Film Kartun untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V SDN Takeran Magetan.” Skripsi, Universitas Negeri Surabaya, 2013.
Widjaja, A. W. Ilmu Komunikasi. Jakarta: Bina Aksara, 2000.
Yaumi, Muhammad. “Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences.” Jakarta: Dian Rakyat, 2012.

Published

2016-12-31

How to Cite

Weni Tria Anugrah. (2016). Kontribusi Quantum Learning terhadap Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Siswa SD. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 124-140. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.11