Tujuan dan Metode Pendidikan Anak :Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dan Paulo Freire
DOI:
https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.13Keywords:
metode pendidikan anak, Abdullah Nashih Ulwan, Paulo Freire.Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan tujuan dan metode pendidikan anak perspektif Abdullah Nasih Ulwan dan Paulo Freire serta menjelaskan persamaan dan perbedaan konsep pendidikan anak perspektifAbdullah Nashih Ulwan dengan Paulo Freire. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kepustakaan (library research)yang bersifat analitis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan dianalisis secara kritis komparatif melalui analisi isi. Hasil penelitian ini menyimpulkan 1) tujuan pendidikan Ulwan adalah untuk melahirkan generasi Islam yang berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadist; 2) tujuan pendidikan Freire adalah untuk menciptakan manusia yang sadar (conscitizacao), manusia yang bebas (liberalisasi), dan menciptakan manusia yang memanusiakan manusia (humanisasi). Konsep pendidikan Ulwan dan Freire secara umum memiliki persamaan, yaitu sama-sama mempunyai tujuan untuk melahirkan generasi baru yang berkualitas melalui proses pendidikan. Adapun perbedaannya yaitu metode pendidikan Ulwan adalah metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, pengertian, dan hukuman, sedangakan metode pendidikan Freire adalah pendidikan hadap masalah.
Downloads
References
Azzet, Akhmad Muhaimin, dan Meita Sandra. Pendidikan yang membebaskan. Ar-Ruzz Media, 2011.
Barnadib, Imam. Filsafat pendidikan. AdiCita, 2002.
Bogdan, Robert, dan Sari Knopp Biklen. Qualitative research for education. Allyn & Bacon Boston, 1982. http://n.ereserve.fiu.edu/010013009-1.pdf.
Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara, 1995.
Freire, Paulo. Pedagogy of the Oppressed, trans. Brazil: Bloombury Academic, 1968.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada, 2006.
J Lexy, Moleong, dan others. Metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya, 1996.
Musthofa, Muhammad Khoiril. “KONSEPSI PENDIDIKAN ISLAM MENURUT DR. ABDULLAH NASHIH ULWAN.†Jurnal Studi Islam: Pancawahana 9, no. 1 (2014): 67–84.
Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2010.
Nur, Bahdin Tanjung. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana, 2005. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/681.
Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.
Sangadji, Etta Mamang. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Jakarta: Andi, 2010.
Smith, William A. “Conscientizacao Tujuan Pendidikan Paulo Freire, terj.†Agung Prihantoro, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Sudarto, Ahmad, dan M. Hum. Metodologi Penelitian Filsafat. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1997.
Suharsimi, Arikunto. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Sururi, Subekhi. “Kursi Bundar Pendidikan dan Kesehatan.,†2015. http://kursibundar.blogspot.co.id/search/label/EDUCATION.
Ulwan, Abdullah Nashih. Pedoman pendidikan anak-anak dalam Islam Jilid 1-2. Semarang: Asy-Syifa’, 1981.
———. Pendidikan Anak dalam Islam. Solo: Insan Kamil, 2015.
———. Pendidikan Anak dalam Islam II. Jakarta: Pustaka Amani, 1995.
———. Pendidikan Anak dalam Islam III. Diterjemahkan oleh Jamaludin Miri. Jakarta: Pustaka Amani, 2002.
———. Tarbiyatul al-Aulad fi al-Islam, Jilid II. Beirut: Dar al-Salam, 1983.
Yunus, Firdaus M. Pendidikan Berbasis Realita Sosial Paulo Freire Y.B Mangunwijaya - Google Search. Yogyakarta: Logung Pustaka, 2004.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.