Peningkatan Kemampuan Dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) dengan Metode STAD Pada Siswa Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i2.137Abstract
Kesulitan pembelajaran dalam menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) sering ditemui dalam pembelajaran Matematika. Pada penelitian ini permasalahan pembelajaran diselesaikan dengan menggunakan metode STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk analisis. Jumlah responden yang diteliti 32 siswa dengan rincian 14 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Penerapan pembelajaran dengan metode STAD mampu menigkatkan aktivitas belajar siswa sebab melibatkan siswa secara aktif dan aktivitas siswa dalam pembelajaran juga meningkat, yang mana hal ini juga dibuktikan dari skor yang meningkat pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I dalam kategori baik dan amat baik dengan persentase 25% sedangkan meningkat pada siklus II dengan persentase 62,5% dan pada siklus III menjadi 81,25%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Nurul A’yuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.