Strategi Pembelajaran Materi PAI dengan Metode Hypnoteaching untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Yusmicha Ulya Afif IAIN PONOROGO

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i1.158

Keywords:

Strategi pembelajaran, materi PAI, hypnoteaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran materi PAI dengan metode hypnoteaching untuk siswa SD. Pusat Kurikulum Depdiknas mengemukakan bahwa, pendidikan agama Islam di Indonesia bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia yang muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketakwaan, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tercapainya tujuan pendidikan Agama Islam tentunya tidak lepas dari pemilihan strategi dan metode pembelajaran yang tepat guna. Dalam pembelajaran agama Islam tentunya materi-materi pendidikan tidak hanya dipahami dan dihayati tetapi juga diamalkan. Dengan metode hypnoteaching ini proses pembelajaran dengan menggunakan pikiran bawah sadar ternyata memiliki kemampuan 10.000 kali lebih cepat daripada pikiran sadar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dari berbagai sumber pustaka yang relevan dengan penelitian kemudian disajikan dengan cara baru dan atau keperluan baru. Hasil dari penelitian ini adalah dengan metode hypnoteaching, anak-anak memiliki perubahan pada aspek akhlak sesuai dengan apa yang disampaikan, anak-anak lebih mudah untuk diajak kerjasama dalam proses pembelajaran, dan anak-anak lebih memiliki motivasi dalam belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Abrasyi, Mohd. Athiyah, H Bustami A Gani, and Djohar Bahry LIS. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Penerbit Bulan Bintang, 1993.

Arifin, Muh. “Iklim Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoretis & Praktis Berdasarkan Pendekatan Onterdisipliner.” Jakarta: Bina Aksara, 1993.

Bungin, Burhan. “Metodologi Penelitian.” Jakarta: Kencana, 2017.

Gunawan, Imam. “Metode Penelitian Kualitatif.” Jakarta: Bumi Aksara 143 (2013).

Jatmika, Herka Maya. “Pemanfaatan Media Visual Dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 3, no. 1 (2005).

Jaya, Novian Triwidia. “Hypno-Teaching (Bukan Sekedar Mengajar).” Bekasi: D-Brain, 2010.

Krippendorff, Klaus. “Analisis Isi Pengantar Teori Dalam Metodologi, Terjemahan.” FaridWajidi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1993.

Nana Syaodih Sukmadinata. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: REMAJA ROSDA KARYA, 2009.

Nasih, Ahmad Munjin, and Lilik Nur Kholidah. “Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Bandung: Refika Aditama, 2009, 10–13.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.” CV. Alfabeta, Bandung, 2011.

Suharsimi, Arikunto. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.” Jakarta: Rineka Cipta, 2006, 120–23.

Sunanih, Sunanih. “metode hipnoteaching untuk anak sekolah dasar.” Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 1 (2018): 247–53.

Syatra, Abdul Khafi. Misteri Alam Bawah Sadar Manusia. Yogyakarta: DIVA PRESS, 2010.

Published

2021-07-06

Issue

Section

Articles