PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA BERMUATAN MOTIVASI BELAJAR DI MASA PANDEMI SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Mawan Akhir Riwanto Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Wahyu Nuning Budiarti Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Annisa Fitri Maula Ramdhani Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Lulu Zaidah Rizkiyah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i1.184

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Animasi, organ pernapasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran daring pada materi organ pernapasan manusia kelas V SD berupa video animasi dan mengukur kelayakannya. Penelitian ini mengacu pada penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan berupa (1) Analysis (kegiatan menganalisis ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan peserta didik), (2) Design (merancang atau mendesain media pembelajaran berbasis video animasi), (3) Development (mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi yang sebelumnya telah dirancang atau didesain), (4) Implementation (mengimplementasikan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada siswa), dan (5) Evaluation (evaluasi merupakan tahap untuk mengumpulkan data). Kelayakan media yang dihasilkan masuk dalam kriteria layak dari sisi ahli media dan ahli materi dan masuk kriteria sangat layang dari sudut pandang ahli bahasa. Hasil angket siswa dan guru pada uji coba operasional menunjukkan nilai pada rentang kriteria sangat layak sehingga media hasil pengembangan dalam penelitian ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsih, A. “Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.” Pedagogia?: Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2015).

Candra Dewi, N. M. L, and I. G. A. O Negara. “Pengembangan Media Video Animasi IPA Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V.” Jurnal Edutech Undiksha Vol 9 No 1 (2021).

Ernawati, I. “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education Vol 2 No 2 (2017).

Hamzah, Amir. Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2019.

Hisbullah, and Selvi Nurhayati. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Makasar: Aksara Timur, 2018.

Khaira, Nia Alfi. “Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa.” Jurnal Pencerahan Vol 4 No 1 (2018).

Ms, Izqy Yuan Andari. “Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten.” Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2019).

Muna, K. N, and S Wardhana. “Dasar Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dengan Model ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Perkenalan Diri Dan Keluarga Untuk Kelas 1 SD.” Edustream: Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2021).

Parlindungan, D. P, G. P Mahardika, and D Yulinar. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) Di SD Islam An-Nuriyah.” In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020.

Riyani, R, M. A Sultan, and H Yulia. “Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 Pada Tingkat Sekolah Dasar Analysis of Students’ Interest in Online Learning during the COVID-19 Pandemic at the Elementary School Level.” PINISI: Journal of Education Vol 1 No 1 (2021).

Sa’adah, Risa Nur, and Wahyu. Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis Dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2019.

———. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Suryani. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles