STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI

Authors

  • Arif Shaifudin Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdatul Ulama Madiun
  • Jepri Nugrawiyati Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i1.242

Keywords:

strategi pembelajaran, sains, anak usia dini

Abstract

Anak memiliki dunianya sendiri yang sangat berbeda dengan dunia orang dewasa. Tumbuh kembang mereka sangat dipengaruhi tentang bagaimana penciptaan kondisi lingkungan yang sesuai dengan karakteristik mereka sebagai anak. Fenomena mengajar pada anak usia dini yang hanya normatifterhadap perencanaan pembelajaran sangat berbahaya terhadap pengembangan potensi anak. Pendidik seakan lupa bahwa rencana pembelajaran yang telah disusun dan bahkan telah disahkan oleh kepala sekolah tetaplah sebuah rencana yang bersifat prediktif. Tidak tepat jika rencana tersebut dipaksakan dalam proses pembelajaran real di kelas tanpa menerapkan prinsip dinamis sesuai kebutuhan belajar berdasar kondisi anak. Suasana belajar anak yang mudah, indah, santai dan menyenangkan dapat direalisasikan jika pendidik menggunakan strategi pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran yang mampu secara bersamaan melibatkan seluruh potensi anak dan kehendak anak dalam proses pembelajaran. Di antara strategi pembelajaran anak yang dapat diimplementasikan adalah strategi pembelajaran sains, yaitu dengan mengamati, bertanya, mengumpulkan, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Siti. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Aziz, Safrudin. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini; Panduan Bagi Guru, Orang Tua, Konselor, Dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia, 2017.

Bakri, Annisa Rahmilah, Juli Amaliyah Nasucha, and Dwi Bhakti Indri M. “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 2, no. 1 (February 9, 2021): 58–79. https://doi.org/10.31538/TIJIE.V2I1.12.

Britton, Lesley. Montessori Play & Learn; A Parent’s Guide Purposeful Play from Two to Six. New York: Crown Publisher, 1992.

Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approaches. United States: SAGE Publications, 2014.

Fauziddin, Moh, Peningkatan Kemampuan, Matematika Anak, Usia Dini, Melalui Permainan, Jam Pintar, Di Taman, Kanak -Kanak Pembina, and Kec Bangkinang Kota. “Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak - Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (June 10, 2015): 49–54. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V1I1.55.

Hardianti, Tuti, Lisa Ariyanti Pohan, and Julia Maulina. “Bahan Ajar Berbasis Saintifik: Pengaruhnya Pada Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP An-Nizam – DOAJ.” JIPVA (JURNAL PENDIDIKAN IPA VETERAN) 4, no. 1 (2020). https://doaj.org/article/09a55b378998415c93aa335c89bb81d6.

Kartono, Kartini. Psikologi Anak. Bandung: Alumni, 1986.

Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal Kementerian Pendidikan dan. Pedoman Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Saintifik. Jakarta: Dirjen Pembinaan Anak Usia Dini, 2014.

Lamusu, Sance A. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Program Studi PG-PAUD Melalui Pendekatan Saintifik.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (June 25, 2020): 360–72. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I1.609.

Latif, Mukhtar. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2013.

Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Munastiwi, Erni. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) | Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak,” 2016. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1087.

Munawaroh, Hidayatu, and Banar Dwi Retyanto. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Cinta Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kabupaten Wonosobo | Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak,” 2016. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1264.

Mursi, Muhammad Said. Melahirkan Anak MasyaAllah. Terj. Ali. Jakarta: Cendekia, 2001.

Nurdiani, Yani. “PENERAPAN PRINSIP BERMAIN SAMBIL BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN MULTIPLE INTELIGENCIA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Study Kasus Di PAUD Daarul Piqri Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan ).” Empowerment?: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 2, no. 2 (September 30, 2013): 85–93. https://doi.org/10.22460/EMPOWERMENT.V2I2P85-93.601.

Rifa’i, Moh, Akhmad Muadin, Faiz Faiz, Lailatul Khomsiyah, and Ainul Mabruroh. “Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Penguatan Komitmen Guru PAUD.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (March 16, 2022): 3739–46. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I4.2122.

Suparlan, Suparlan. “Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran IPA Di SD/MI Kelas IV.” FONDATIA 1, no. 2 (September 9, 2017): 93–115. https://doi.org/10.36088/FONDATIA.V1I2.104.

Undang-undang Sisdiknas (2003).

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 tahun 2003) dan Peraturan Pelaksanannya (2003).

Wahyuni, Fitri, and Suci Midsyahri Azizah. “Bermain Dan Belajar Pada Anak Usia Dini.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan 15, no. 01 (July 4, 2020): 159–76. https://doi.org/10.37680/ADABIYA.V15I01.257.

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles