ALIH MEDIA BELAJAR: PENGGUNAAN ANDROID DALAM MENGUSUNG FLIP BOOK BERNUANSA PENGEMBANGAN KOGNITIF, KREATIVITAS, DAN BAHASA ANAK

Authors

  • Weni Tria Anugrah Putri ]

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i2.294

Keywords:

Pengembangan Kognitif;, Kreativitas dan Bahasa Anak;, Flip Book Maker Pro

Abstract

Penggunaan android saat ini haruslah bermanfaat tidak hanya untuk aspek kehidupan secara umum namun juga bermanfaat dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul mata kuliah Pengembangan Kognitif, Kreativitas dan Bahasa Anak Usia Dini berbasis Flipbook dalam android. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi penilaian ahli dan mahasiswa terhadap pengembangan modul tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Lebih detail, model pengembangan ini yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluation). Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Software Flipbook Maker Pro. Dengan bantuan aplikasi tersebut, modul yang diharapkan berhasil untuk disusun. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan mahasiswa terhadap pengembangan modul mata kuliah Pengembangan Kognitif, Kreativitas dan Bahasa Anak Usia Dini berbasis android dengan beberapa aspek meliputi kelengkapan isi, kesesuaian dengan RPS, sistematika penulisan, ketersediaan soal-soal evaluasi, kelengkapan materi semanya menyatakan menarik, lengkap, sesuai dan sistematis dari segi penulisan. Sedangkan berdasarkan mahasiswa produk yang telah dikembangkan menarik dan mudah untuk diakses.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L.W., and D.R. Krathwohl. Pembelajaran, Pengajaran Dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Bransford, J.D., and A.L. Brown. “How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School.” In Learning and Transfer (Chapter 3). Washington, DC: National Academy Press, 2000.

Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Hartono. Paikem: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa, 2008.

Kamilah, Ulufiyatul, Jauharotur Rihlah, F.K. Fitriyah, and M. Syaikhon. “Pengaruh Perilaku Kecanduan Gawai Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Child Education Journal 2, no. 2 (20202). https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1685/1144.

Grid. “Lagi! Sering Main Gadget, Anak Ini Alami Kerusakan Saraf Hingga Susah Berjalan.” Informasi, 2019. https://www.grid.id.

Tribunnews. “Main PUBG 6 Jam Nonstop, Remaja Tewas Terkena Serangan Jantung.” Informasi, 2019. https://video.tribunnews.com.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

Net Market Share. “Operating System Share by Version,” 2010. https://netmarketshare.com.

Purnama, Sigit. “Pengasuhan Digital Untuk Anak Generasi Alpha.” Al Hikmah Proceedings I (2018): 493–502.

Putri, Weni Tria Anugrah Putri. “Dampak Penggunaan Media Sosial Secara Berlebihan Terhadap Regulasi Diri Anak.” Islamic Early Childhood Education 2, no. 2 (2017): 243–49.

Rachmawati, Yeni. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group, 2012.

Rumini, Sri, and Siti Sundari. Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Santrock, John W. Child Development, Eleventh Editition. Edited by Wibi Hardani. Translated by Mila Rahmawati and Ana Kuswanti. Jakarta: Erlangga, 2007.

Soetjiningsih, C.H. Seri Psikologi Perkembangan: Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Kencana, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2007.

Tarigan, Henry Guntur. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 1994.

Torrance, E.P. The Nature of Creativity as Manifest in Its Test. New York: Cambridge University Press, 1988.

“Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” n.d.

Published

2022-12-25

How to Cite

Weni Tria Anugrah Putri. (2022). ALIH MEDIA BELAJAR: PENGGUNAAN ANDROID DALAM MENGUSUNG FLIP BOOK BERNUANSA PENGEMBANGAN KOGNITIF, KREATIVITAS, DAN BAHASA ANAK. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 253-266. https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i2.294

Issue

Section

Articles