PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA SISWA AUTIS

Authors

  • Galuh Kartika Dewi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i2.300

Keywords:

Media Busy Book;, Kemampuan Motorik Halus; , Siswa Autis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemukan di lapangan pada siswa autis yang mengalami hambatan motorik halus, sehingga perkembangannya terganggu dalam pengembangan diri. Tujuan dari penelitian ini untuk melatih kemampuan motorik halus pada siswa autis dengan menggunakan media busy book, Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimen dengan jenis One Group Pre-Test Post- Test Design. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan setelah diberikan treatment menggunakan busy book, menunjukkan kemampuan mengancingkan baju ada 2 anak autis yang mulai berkembang sesuai harapan sebesar 29,6% dan 3 anak dengan persentase 70,4% anak berkembang sangat baik. 2) Pada kemampuan menali sepatu terdapat 3 anak dengan persentase 64% anak yang mulai berkembang sesuai harapan dan 2 anak dengan persentase 36% anak berkembang sangat baik. 3) Pada kemampuan menempel pola terdapat 2 anak dengan persentase 27,2 % anak yang mulai berkembang sesuai harapan dan 3 anak dengan persentase 72,8 % anak yang berkembang sangat baik serta adanya perbedaan yang signifikan setelah dibuktikan melalui uji Paired Sample T-Test yaitu (p=0,001<0,005) yang artinya Ho ditolak  dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa media busy book efektif untuk melatih kemampuan motorik halus pada siswa autis di SDN Lemah Putro 1 Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chirzin, Muhammad. Kapita Selekta Pendidikan Menelaah Fenomena Pendidikan Di Indonesia Dari Pelbagai Disiplin Ilmu. Surabaya: Mitra Mandiri Persada, 2018.

Decaprio, Richard. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Jakarta: Diva Press, 2013.

Iswari, Mega, Kasiyati, Zulmiyetri, and Hasan Yarmis. “Training Increases Understanding of Teachers and Parents About Healthy Food for Children with Autism.” Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia 3, no. 2 (2019).

Karmila, Yanti, Fatmawati, and Mega Iswari. “Mengurangi Perilaku Berkata Negatif Melalui Prosedur Aversi Pada Anak Autis X.” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 6, no. 1 (2018).

Latif, Mukhtar, Zukhairina, Rita Zubaidah, and Muhammad Afandi. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana, 2013.

Mubarokah, Viya Zakiyatul. “). Analisis Faktor–Faktor Penghambat Guru Dalam Materi Tanggung Jawab, Hak, Dan Kewajiban Pada Siswa Slow Learner.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 5, no. 1 (2021).

Mufliharsi, Risa. “Pemanfaatan Busy Book Pada Kosakata Anak Usia Dini Di PAUD Swadaya PKK.” Jurnal Universitas Indraprasta PGRI 5, no. 2 (2017).

Nilmayani, Zulkifli N, and Devi Risma. “Pengaruh Penggunaan Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Terpadu Filosofia Kubbu Babussalam Rokan Hilir.” Jurnal Online Mahasiswa 4, no. 2 (2017).

Rahmad, and Ardisal. “Efektifitas Busy Book Untuk Meningkatkan Motorik Halus Dalam Kemampuan Menulis Bagi Anak Autisme.” Journal of Basic Education 4, no. 1 (2021).

RI, Presiden. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum 6. Jakarta, issued 2003.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan Edisi Empat. Jakarta: Kencana, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.

Triana, Dyna Han. “Efektifitas Media Busy Book Dalam Meningkatkan Ketrampilan Memakai Baju Berkancing Pada Anak Tuna Grahita Kelas II SD.” Jurnal SNEED 1, no. 1 (2021).

Wardah, erika Yunia. “Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Autis.” Jurnal Pendidikan Khusus 9, no. 2 (2017).

Yulianto, Trisna. “Efektivitas Media Pembelajaran Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Hambatan Majemuk Kelas X Di SLB Negeri 1 Bantul.” Jurnal Widia Ortodidaktika 7, no. 7 (2017).

Yusus, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Published

2022-12-25

How to Cite

Galuh Kartika Dewi. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA SISWA AUTIS. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 241-252. https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i2.300

Issue

Section

Articles