PEMBENTUKAN KARAKTER KOMUNIKATIF MELALUI 3S (SENYUM, SALAM, SAPA) DI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i1.306Keywords:
pendidikan, budaya, karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan budaya 3S (senyum. Salam, sapa) dengan pembentukan karakter komunikatif peserta didik. Budaya 3S sangat penting dilakukan disebuah lembaga Pendidikan khususnya tingkat Sekolah Dasar dan terbentuknya karakter komunikatif peserta didik. Umumnya karakter komunikatif peserta didik. Karakter komunikatif merupakan karakter yang harus ditumbuhkan sejak dini. Perlu adanya pembiasaan pembentukan karakter komunikatif yang memiliki kemampuan dalam berinteraksi. Penelitian ini memfokuskan untuk mengetahui bagaimana membentuk karakter komunikatif peserta didik melalui budaya 3S (senyum, salam, sapa). Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang memotret tentang pembentukan karakter komunikatif melalui pembiasaan 3S (senyum, salam, sapa) yang dilakukan di SDIT Qurota Ayun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi yaitu menggabungkan data melalui observasi, wawancara selama proses penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan, bahwa guru memiliki peran penting dalam membantu peserta didik untuk memiliki karakter komunikatif melalui pembiasaan 3S. Serta habituasi yang dilakukan harus diusahakan dengan komitmen dan konsisten.
Downloads
References
Arief, M Miftah. dkk. “Teori Habit Perspektif Psikologi Dan Pendidikan Islam.” RI’AYAH 7, No. 2 (2022).
Baihaqi, Muhamad Bari. “Pendidikan dan Digitalisasi di Era Milenial.” Sabtu, 23/12/17, 2017.
Dewi, Mutiara Sari. “Media Elektronik dan Pengawasan Orang Tua sebagai Pendidikan Anti Kekerasan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Psikologi.” Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) 2, No. 1 (2021). https://doi.org/10.37216/aura.v2i1.467.
Edi, Rohendi. “Pendidikan Karakter Di Sekolah.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 3, No. 1 (2016).
Fadillah, Putri. “Perbandingan Karakter Kreatif dengan Karakter Komunikatif Terhadap Pembelajaran Tematik.” Integrated Science Education Journal 3, No. 1 (2022). https://doi.org/10.37251/isej.v3i1.181.
Gunawan, Heri, and Pendidikan Karakter. “Konsep dan Implementasi.” Alpha Beta, Bandung, 2012.
Hairullah, Hairullah, Chairil Faif Pasani, and Asdini Sari. “Penerapan Model Pembelajaran Tipe Group Investigation dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Toleransi dan Komunikatif Siswa.” JURMADIKTA 1, No. 2 (2021). https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i2.800.
Meleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Rahayu, Puji, Rusdy Sulaiman, and Dian Puspita Eka Putri. “Pengaruh Kegiatan Muhadatsah terhadap Karakter Komunikatif Santri Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Nurul Falah.” LENTERNAL: Learning and Teaching Journal 2, No. 1 (2021). https://doi.org/10.32923/lenternal.v2i1.2129.
Sholehah, Noor Annisah, Chairil Faif Pasani, and Yuni Suryaningsih. “Penerapan Model Course Review Horay dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Kerja Keras dan Komunikatif Siswa SMP.” JURMADIKTA 1, No. 1 (2021). https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i1.725.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Susanti, Dona, Guslinda Guslinda, and Otang Kurniaman. “Analisis Nilai Karakter Komunikatif dalam Tradisi Basiacuong di Kabupaten Kampar.” JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 6, No. 2 (2022). https://doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8434.
Taylor, Sandie, and Lance Workman. Cognitive Psychology: The Basics. Cognitive Psychology: The Basics, 2021. https://doi.org/10.4324/9781003014355.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Dwi Ulfa Nurdahlia, Annisa Wulandari, Indah Anisau Rohma, Muhamad Muchlisin, Nika Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.