IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE-A-MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV DI MIN 1 PONOROGO

Authors

  • Farida Yufarlina Rosita Islam Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Bagus Sajiwa Sasra Kusuma RM Islam Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Heru Lestari Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i1.356

Keywords:

implementasi, make a match, bahasa Jawa

Abstract

Sifat mata pelajaran Bahasa Jawa yang cenderung serba cepat menimbulkan konsekuensi bagi guru dalam pembelajaran menggunakan metode ceramah. Akan tetapi, penggunaan metode ceramah tidak dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran. Untuk itulah, model pembelajaran make-a-match dirasa efektif dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran make-a-match dan mendeskripsikan kelebihan model pembelajaran ini pada mata pelajaran Bahasa Jawa di MIN 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran make-a-match dilakukan dengan langkah-langkah di antaranya: (a) guru menyiapkan 5 kartu soal dan 5 kartu jawaban tentang keterkaitan dengan materi “Gemi Nggunakake Energi” pada kehidupan sehari-hari; (b) setiap kelompok kemudian diberikan satu kartu pertanyaan dan satu kartu jawaban; (c) siswa memikirkan kartu yang telah diberikan kemudian mencari pasangan yang cocok dengan kartu tersebut; (d) semua kelompok menemukan pasangannya; dan (e) guru dan siswa menyelesaikan pelajaran secara bersama-sama. Model pembelajaran ini juga memiliki keunggulan-keunggulan, yaitu merangsang siswa aktif dalam belajar, merangsang suasana gembira dalam proses pembelajaran, dan mewujudkan kerja sama yang dinamis antarsiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2016.

Aliputri, Dhestha Hazilla. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2, No. 1A (2018): 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351.

Cani, Descchuri, Kurnia Dadang, and Gusyania Diah. “Penerapan Model Kooperatif Teknik Make a Match dengan Media Kartu Klop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan.” Jurnal Pena Ilmiah 1, No. 1 (2016): 361–70. http://repository.upi.edu/id/eprint/20599.

Fauhah, Homroul, and Brillian Rosy. “Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, No. 2 (2020): 321–34. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334.

Ibrahim, Muslimin, Fida Rachmadiarti, Muhammad Nur, and Ismono. Pembelajaran Kooperatif. Unesa Surabaya: University Press, 2000.

Maunah, Binti. Supervisi Pendidikan Islam (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Kalimedia, 2017.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Nurhidayah, Rina Suryati, Dadang Kurnia, and Ali Sudin. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya.” Jurnal Pena Ilmiah 2, no. 1 (2017): 2051–60.

Pidarta, Made. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Pratiwi, Rina Hidayati. “Metode Pembelajaran ‘Make a Match’ dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPA.” Florea 5, No. 1 (2018): 37–43. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Qasim, Muhammad, and Maskiah. “Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaan.” Jurnal Diskursus Islam 4, No. 3 (2016): 484–92.

Rosita, Farida Yufarlina, and Arina Rohmatika. “Games in Teaching Speaking of Indonesian Language for Non Native Speakers.” Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 8, No. 1 (2019): 88–95. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/29617%0AGames.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2009.

Sasangka, Sry Satriya Catur Wisnu. Unggah-Ungguh Bahasa Jawa. Jakarta: Yayasan Paramalingua, 2009.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Suyono, and Hariyanto. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. 1st ed. Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Wahidin, Unang. “Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 02 (2018): 231.

Wijendra, I Wayan. “Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.” Mimbar Pendidikan Indonesia 1, No. 2 (2020): 137–44. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30199.

Zahra, Nurjannah, Natriani Syam. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Pinrang Implementation of Cooperative Learning Model Make A Match to Improve the Learning Outcomes of Fifth Grade Elementary.” Jurnal Of Education 1, No. 2 (2021): 122–35

Published

2023-06-28

How to Cite

Rosita, F. Y., Sajiwa Sasra Kusuma RM, B. ., & Lestari, H. . (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE-A-MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV DI MIN 1 PONOROGO . Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 8(1), 121-132. https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i1.356

Issue

Section

Articles