REINFORCEMENT UNTUK TERAPI PERILAKU PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN SENSORINEURAL: PRAKTIK BAIK GURU MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Farissa Ferinda Dias Firdani Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember
  • Siska Nurul Qomariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mochammad Zaka Ardiansyah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Nailu Irhami Dwi Saputri Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i1.395

Keywords:

difabel, gangguan pendengaran sensorineural, reinforcement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tantangan pembelajaran peserta didik dengan gangguan pendengaran sensorineural dan praktik bagi guru mata pelajaran agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah pada sang klien dengan teknik reinforcement. Data lapangan yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis interaktif. Hasil studi menunjukkan bahwa klien tidak dapat mendengar suara dari jarak dengan jelas karena mengalami gangguan pendengaran sensorineural karena riwayat brain trauma kepala semasa dalam kandungan. Ragam reinforcement yang dilakukan adalah dengan memberi pujian, pertidaksetujuan, dan hadiah. Pasca Intervensi, klien mengalami perubahan perilaku dengan mulai perlahan-lahan menuruti nasehat guru. Studi ini menawarkan novelty dalam studi pendidikan agama Islam, khususnya pada jenjang dasar, sekaligus studi bimbingan konseling karena praktik baik bimbingan pada peserta didik dengan gangguan pendengaran sensorineural yang dilakukan oleh guru mata pelajaran keagamaan Islam dengan teknik reinforcement yang belum pernah dikaji sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-28

How to Cite

Farissa Ferinda Dias Firdani, Nurul Qomariah, S. ., Zaka Ardiansyah, M. ., & Irhami Dwi Saputri, N. . (2023). REINFORCEMENT UNTUK TERAPI PERILAKU PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN SENSORINEURAL: PRAKTIK BAIK GURU MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 8(1), 73-90. https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i1.395

Issue

Section

Articles