MENELISIK KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI TES DIAGNOSTIK AWAL PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MIN 4 PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.598Keywords:
Tes Diagnostik Awal, Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan KognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir logis siswa ditinjau dari kemampuan kognitif melalui tes diagnostik pada mata pelajaran IPAS; (2) menjelaskan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir logis siswa; dan (3) mengidentifikasi secara mendalam keterkaitan kemampuan berpikir logis dengan kemampuan kognitif. Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Narasumber penelitian berasal dari siswa dan guru kelas IV di MIN 4 Ponorogo. Data hasil penelitian, kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Kemampuan berpikir logis dengan hasil tes diagnostik “baik” menunjukkan siswa memiliki kemampuan menyelesaikan masalah, berargumen, dan menarik kesimpulan dengan baik. Kemampuan siswa dengan hasil tes diagnostik “sedang” menunjukkan belum cukup mampu menyelesaikan masalah, beragumen, serta menarik kesimpulan. Kemampuan berpikir logis pada siswa dengan hasil tes diagnostik “kurang” menunjukkan kemampuan menyelesaikan masalah, berargumen, dan menarik kesimpulan yang ada dengan kurang baik. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir logis berupa motivasi, kemampuan awal, reward, model dan media pembelajaran. (3) Ketika hasil tes diagnostik baik berarti memiliki kemampuan kognitif yang baik pula, dan sehingga otomatis kemampuan berpikir logisnya juga baik.
Downloads
References
Anggraini, Dina, dan Edi Irawan. “Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VII Pada Tema Pencemaran Lingkungan.” Jurnal Tadris IPA Indonesia 1, no. 2 (July 26, 2021): 228–38. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.186.
Annisa, Ariana Amalia, dan Ulum Fatmahanik. “Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Tadris IPA Indonesia 3, no. 1 (March 31, 2023): 30–43. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i1.693.
Ardiana, Reni. “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak Kanak.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (August 30, 2022): 1–10. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116.
Arrohman, Donny Auliya, dan Tri Lestari. “Analisis Keragaman Peserta Didik Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fisika.” Journal of Science and Education Research 2022, no. 2 (August 3, 2023): 1–11.
Atmojo, Idam Ragil Widianto, Chumdari, Matsuri, Fadhil Purnama Adi, Roy Ardiansyah, dan Dwi Yuniasih Saputri. Assessment Kognitif pada Kelas Digital dalam Pembelajaran Abad 21. Surakarta: CV Pajang Putra Wijaya, 2023.
Badriah, Laelatul, dan Khamdan Nur Andi. “Perkembangan Kognitif Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Di MIN 1 Bantul).” Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation 2, no. 1 (January 31, 2023): 40–
https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).40-53.
Bambang, Bambang. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Think-Talk-Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Siswa.” Journal on Education 3, no. 3 (April 30, 2021): 270–78. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.386.
Bintari, Asna Rizki, dan Ulum Fatmahanik. “Kemampuan Berpikir Logis Dalam Menyelesaikan Masalah Fpb dan Kpk Berdasarkan Motivasi Belajar.” Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 8, no. 2 (December 25, 2023): 231–40. https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i2.490.
Dongoran, Jhonas, dan Bronika Septiani. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Kogntif Siswa.” Jurnal Ilmiah Aquinas, February 4, 2022, 24–31. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1669.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (April 30, 2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Fikri, Mohammad Tsaqibul, Siti Labiba Kusna, dan Mufidatul Choiriyah. “Pengembangan Media Pembelajaran Think Table untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis.” SUSTAINABLE 6, no. 2 (December 27, 2023): 682–88.
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, dan Ria Rahmatul Istiqomah. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu, 2020.
Hasibuan, Rizky Amelia, Yahfizham, dan Tanti Jumaisyaroh Siregar. “Pengaruh Metode Resitasi Dan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa.” Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 3 (June 30, 2023): 370–75.
Insani, Fitrotul, Harto Nuroso, dan Iin Purnamasari. “Analisis Hasil Assesmen Diagnostik Sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 2 (July 6, 2023): 4450–58. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1154.
Jenri, Ambarita, dan Pitri Solida Simanullang. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi.
Indramayu: Penerbit Adab, 2023.
Loin, Imelda, Oktovianus Mamoh, dan Selestina Nahak. “Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMPS Katolik Aurora Kefamenanu Pada Penyelesaian Soal Matematika.” Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika 3, no. 2 (November 28, 2021): 157–65. https://doi.org/10.30822/asimtot.v3i2.1370.
Mawadati, Izza, Rohmatus Syafi’ah, dan Ria Fajrin Rizqy Ana. “Analisis Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas 4 SDN 1 Tiudan Tulungagung.” Jurnal Simki Postgraduate 2, no. 3 (July 25, 2023): 257–66. https://doi.org/10.29407/jspg.v2i3.452.
Meilandari, Aesti, Loliyana Loliyana, Dayu Rika Perdana, dan Maman Surahman. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5, no. 3 (July 7, 2023): 1443–52. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4820.
Miftakhuddin, dan Rony Harianto. Anakku Belahan Jiwaku: Pola asuh yang tepat untuk membentuk psikis anak. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2020.
Mulyasa. Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Bumi Aksara, 2023.
Noviani, Julia, Hilda Hakim, dan Jarwandi Jarwandi. “Analisis Kemampuan Berpikir Logis Pada Materi Peluang Di Kelas IX SMP Negeri 1 Takengon.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi 4, no. 1 (June 30, 2020): 14–23. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1604.
Permata, Arinta, Rika Wahyuni, dan Mariyam Mariyam. “Penerapan Model Meaningful Instruction Design Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Di Mts Ushuludin Singkawang.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 1 (March 17, 2024): 4468–88. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13033.
Putri, Hellin, Desty Susiani, Nabilla Setya Wandani, dan Fia Alifah Putri. “Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Uraian Dan Tes Objektif.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4, no. 2 (July 31, 2022): 139–48. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2649.
Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Surabaya: Jakad Media Publishing, 2021. Supriyatni, Supriyatni, Sarwanto Sarwanto, dan Mukti Amini. “The Influence Of Democratic
Partning Patterns, Peaceful Assistance and Learning Interest On The Ability Of Logical Thinking Children Group B.” JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD 7, no. 1 (August 29, 2022). https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/8002.
Suryadi, Asip, dan Siti Husna. “Asesmen Diagnostik Makro Persiapan Penerapan Kurikulum Merdeka MTsN 28 Jakarta.” JENTRE 3 (December 9, 2022): 74–89. https://doi.org/10.38075/jen.v3i2.273.
Wahyuddin, Wahyuddin, Sri Satriani, dan Faisal Asfar. “Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skills Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10, no. 2 (July 7, 2021): 521–35. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3480.
Wahyuni, Dini, Muntari Muntari, dan Yunita Arian Sani Anwar. “Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri Di Praya Selama Pembelajaran Daring.” Chemistry Education Practice 5, no. 1 (May 30, 2022): 10–16. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2788.
Yusra, Zhahara, Rufran Zulkarnain, dan Sofino Sofino. “Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19.” Journal Of Lifelong Learning 4, no. 1 (June 9, 2021): 15–22. https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22.
Yusrizal, dan Rahmati. Tes Hasil Belajar. Aceh: Bandar Publishing, 2020.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Faninda Novika Pertiwi, Franciska Priscillia Arina Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.