PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV SD KYAI RODLIYAH SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.611Keywords:
: Model Pembelajaran, problem based learning, kemampuan literasi numerasiAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak dari model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas IV di SD Kyai Rodliyah Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental dengan melalui desain penelitian one group pretest posttest. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah siswa SD Kyai Rodliyah. Sebanyak 22 siswa dipilih untuk sampel penelitian melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 25.00 for Windows, dengan menerapkan uji normalitas pengujian hipotesis melalui uji-t. Dari analisis data penelitian menyatakan rata-rata nilai pretest sebesar 67,00%, sedangkan posttest sebesar 85,59%. Uji normalitas menghasilkan nilai dengan signifikansi sebesar 0,053 untuk nilai pretest dan posttest sebesar 0,082, menunjukkan bahwa data memiliki distribusi normal. Analisis hipotesis menggunakan model problem based learning menunjukkan dampak positif terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas IV. Nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,005, mengindikasikan model pembelajaran problem based learning memiliki dampak yang signifikan pada kemampuan literasi numerasi siswa di kelas IV di SD Kyai Rodliyah Surabaya. Dalam hal ini, penerapan model pembelajaran PBL berdampak pada kemampuan literasi numerasi materi KPK FPB bahwasanya peserta didik terlibat secara aktif untuk memahami, mencari solusi, melakukan analisis, hingga dapat menyimpulkan dari masalah yang diberikan oleh guru. Demikian juga bila dilihat dari hasil rata-rata nilai pretest dengan posttest meningkat sebanyak 18,59%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Rizka Nur Oktaviani, Ninis Lailatus Sokhifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.