EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS IV MIN 3 PONOROGO

Authors

  • Nur Lailatun Nikmah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Hestu Wilujeng Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.614

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Matematika, Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa disebabkan karena pada proses pembelajaran matematika siswa belum mendapat perhatian dari guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis serta belum mampu menyelesaikan soal matematika dengan alternatif jawaban yang kreatif dan bervariasi. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran CPS  menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah), menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran CPS  dan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvesional (ceramah). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan tes. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Man-Whitney U Test, dan uji Independent Sampel T-test. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran CPS memperoleh nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65 dengan rata-rata sebesar 79,52. Kategori tinggi 16%, sedang 72%, dan rendah 12%. (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50 dengan rata-rata sebesar 61,19. Kategori tinggi 12%, sedang 72%, dan rendah 12%. (3) hasil uji Man-Whitney U Test dan uji Independent Sampel T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 Maka Ho ditolak, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran CPS dan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional (ceramah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinad, Wiwien, and Susatyo Yuwono. Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, Dan Aplikasi. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2018.

Faradillah, Ayu. (2019) “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa.” Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika 4, no. 1

Ginting, M. B., Sigid, E. P., & Ayu, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Gammath,4(1).

Handaru, Calista Devi. (2017). Evaluasi Program Guru Pembelajaran Modal Kombinasi Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta Vol. 6 No. 8.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. “Penelitian Pendidikan Matematika”. Bandung: Refika Aditama. 2015.

Nur Azizah, “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas IV SDN Meruya Utara 05 Jakarta Barat”, Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Juni 2023.

Rezkiana, Y. R., Dewi, G. K., & Erdiana, L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Rohmatina, Siti. (2014). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktif Matematika. Vol. 1, No. 1.

Safitri, T., dan R. Amini. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu di Kelas III SD. Journal of Basic Education Studies. 3(2).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif Dan R&D. Alfabeta, 2017.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan Universitas Sriwijaya Vol. 2 No. 2.

Published

2024-12-31

How to Cite

Lailatun Nikmah, N. ., & Wilujeng, H. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS IV MIN 3 PONOROGO. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(2), 219-232. https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.614

Issue

Section

Articles