IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Authors

  • Bagus Cahyanto Universitas Islam Malang
  • Nanik Luthfiyah Srihayuningsih Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang
  • Shafira Aulia Nikmah Universitas Islam Malang
  • Amila Habsia Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.664

Keywords:

model pembelajaran, problem-based learning, LKPD, literasi sains

Abstract

Literasi sains merupakan kompetensi esensial yang mendukung kemampuan berpikir kritis siswa dan relevan dalam rangka menghadapi tantangan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam meningkatkan literasi sains siswa di MIN 1 Kota Malang. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru selama implementasi model tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis masalah dilakukan melalui lima tahapan yang meliputi (a) mengorientasikan siswa pada masalah, (b) mengorganisasi siswa untuk belajar, (c) membimbing siswa dalam penyelidikan, (d) mengembangkan dan mempresentasikan hasil, serta (e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Tantangan yang dihadapi guru meliputi (a) heterogenitas kemampuan dan kecepatan belajar siswa, (b) keterbatasan waktu, dan (c) pengelolaan kelas dan pembelajaran. Studi ini mengungkapkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKPD dapat meningkatkan literasi sains siswa meskipun terdapat beberapa tantangan dalam implementasinya. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi sekaligus referensi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui model problem-based learning di SD/MI.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-31

How to Cite

Cahyanto, B., Luthfiyah Srihayuningsih, N., Aulia Nikmah, S., & Habsia, A. . (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA . Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(2), 263-278. https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.664

Issue

Section

Articles