Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Assalamualaikum Calon Imam Karya Ima Madaniah

Authors

  • Dewi Asiyah Zulfarida iain surakarta
  • Siti Isnaniah iain surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah yang dianalisis dengan pendekatan sruktural dan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi content analysis. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Sumber data berupa novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah.  Teknik pengumpulan data yang pertama membaca novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah secara keseluruhan, kedua mencatat dan menandai data-data yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter, ketiga menginventarisasikan data yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan, keempat mengklasifikasikan data yang terkumpul berdasarkan kajian nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan mendeskripsikan data yang sudah diinventarisasikan, mengklasifikasikan data sesuai dengan teori yang dikemukakan, menganalisis data berdasarkan klasifikasi yang ditemukan,  menginterpretasikan data yang sudah dianalisis, menarik simpulan dan menulis laporan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Stanton, R. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sunata, Y.N. Tinjauan Struktural Dan Nilai Pendidikan Novel Bidadari-Bidadari aaaaaaSurga Karya Tere Liye: BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra aaaaaaaIndonesiaadan Pengajarannya. Vol. I Nomor 3, April 2014.
Raka, Dkk. 2011. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jakarta: PT Elex Media aaaaaaaaKomputindo

Published

2020-06-30

How to Cite

Zulfarida, D. A., & Isnaniah, S. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Assalamualaikum Calon Imam Karya Ima Madaniah. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(1), 11-24. https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.78