Modernisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Era 4.0
DOI:
https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.93Keywords:
kepemimpinan, modernisasi., pendidikanAbstract
Modernisasi kepemimpinan merupakan sesuatu yang mutlak diperlukan di era sekrang ini, apalagi pendidikan dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan dan perubahan yang sangat signifikan. Pendidikan itu dinamis, artinya siapa yang tidak mau melakukan perubahan, maka akan tertinggal dan tergilas oleh waktu. Maka sosok atau peran seorang pemimpin sangatlah besar untuk menjalani proses dalam menjalani kegiatan dalam dunia pendidikan ini. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Pemimpin yang ideal dalam lembaga pendidikan seyogianya mencontoh suri tauladan yang akhlaknya sangat baik. Empat sifat Nabi yang disingkat dalam akronim STAF adalah empat sifat yang harus diteladani dalam menjalankan aktivitasnya sebagai pimpinan. Tidak hanya dalam lembaga pendidikan, akan tetapi dalam segala bidang sendi kehidupan akan sangat membantu dalam proses menuju perkembangan dan kebaikan. Maka dengan memegang empat sifat tersebut, dalam era 4.0 ini pemimpin yang mengharapkan modernisasi dalam pendidikan akan meningkat ke arah yang lebih baik dan tidak akan tertinggal oleh arus perubahan zaman yang sangat cepat.
Downloads
References
Abdul Wahab, Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011)
Abdul Wahid Khan, Rasulullah Di Mata Sarjana Barat, (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2002)
Abuddin Nata, Tokoh-tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Raja Grafindo, 2005)
Azra, Azyumardi. “Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)
Azumardy Azra dalam, Muhammad Irsan Barus, “Modernisasi Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azraâ€, Jurnal Al-Kalam: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Studi Islam.Vol. 02/No. 1(2017)
Fazalur Rahman, Nabi Muhammad Saw. Sebagai Seorang Pemimpin Militer, terj. Annas Siddik, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991)
Hoerul Ansori, “Solusi Gaya Kepemimpinan Pendidikan Islam di Era Modernâ€, AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 01/No. 2 (2019)
https://wow.tribunnews.com/2019/05/16/siswa-sma-di-ntb-ini-tak-diluluskan-karena kritik-kebijakan-kepala-sekolah-ini-kronologinya
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-48878086
James A.F Stoner and R. Edward Freeman, Management, (New Jersey: Prentice Hall. Inc., 1992)
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990)
Lilis Suryani Octavia dan Siti Ina Savira, “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikanâ€, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Volume 01/No. 01 (2016)
M. Fathurrohman, “Peningkatan Budaya Religius dalam Meningkatkan Mutu Pendidikanâ€, Jurnal Taallum: Jurnal Pendidikan Islam, Volume. 04/No. 01 (2016)
M. Ngauli Purwanto, Administrasi Supervisi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)
Miftakhl Munir, “Modernisasi Pendidikan Islam dalam Persfektif Nurcholis Madjidâ€, Jurnal Evaluasi, Vol. 1/No. 2, (2017)
Muhammad Fazlurrahman, “Modernisasi Pendidikan Islam: Gagasan Alternatif Fazlur Rahmanâ€, TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol. 01/No. 1(2018)
Muhammad Rasjid Ridho, Wahyu Illahi kepada Nabi Muhammad, (Bandung: Pustaka Jaya, 1983)
Nurcholish Madjid, Islam Doktrin dan Peradaban, (Jakarta: Paramadina, 2008)
Sakdiah, “Karakteristik Kpemimpinsn dalam Islam (Kajian Historis Filosofis) Sifat-sifat Rasulullahâ€, Jurnal Al-BAyan. Vol. 22/No. 33 (2016)
Soroyo, “Antisipasi Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial Menjangkau Tahun 2000,†dalam buku Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, Editor: Muslih Usa, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991)
Suryadi, Manajemen Berbasis Kepala Sekolah: Konsep dan Aplikasi. (Bandung: Sarana Panca Karya Nusa, 2009)
Wahjosumidjo, Kepemimpinan dan Motivasi, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985)
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Nurul Faiqoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.