PENGARUH APLIKASI MARBEL MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA

Authors

  • Shahnaz Surayya Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Husni Mubarok PGSD, FTIK UNISNU Jepara

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.165

Keywords:

Aplikasi, Membaca, Disleksia

Abstract

Pembelajaran untuk anak disleksia harus lebih menekankan pada proses belajar dimana anak disleksia dapat mengatasi kesulitan membaca, menulis atau mengeja. Namun dalam kenyataan masih banyak sekali anak disleksia yang tidak mendapat perhatian intens dalam memudahkan anak tersebut dapat membaca. Karena ketidakmampuan membaca dan menghafal abjad maka anak disleksia akan sangat tertinggal dibanding dengan anak diusianya. Berdasarkan masalah tersebut maka diperlukan adanya penelitian dengan metode eksperimen menggunakan aplikasi pembelajaran yang dapat membantu  anak disleksia hafal abjad. Tujuan dari penelitian yaitu anak disleksia dapat menghafal abjad dengan baik menggunakan bantuan aplikasi Marbel Membaca. Langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti yaitu menentukan bahan, alat dan strateginya, menentukan tujuan penelitian, mempersiapkan kebutuhan peralatan dan sarana yang dibutuhkandanmelakukan uji eksperimen. Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi,  dokumen dan wawancara dengan bantuan angket. Lalu penelitian diukur dengan angket respon anak disleksia yang direkap menggunakan skala likert untuk mengetahui presentase pengaruh aplikasi Marbel Membaca untuk anak disleksia kemudian menggunakan rating scale untuk menafsirkan besar pengaruh aplikasi Marbel Membaca untuk anak disleksia. Berdasarkan rekap respon anak disleksia mendapat 90% atau dikategorikan anak disleksia sangat suka dan terjadi perubahan untuk hafal membaca abjad anak disleksia. Dengan demikian maka aplikasi Marbel Membaca dapat layak diterapkan dalam pembelajaran membaca untuk anak disleksia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Marzal, dan Rohati J. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Disleksia pada Materi Eksponensial di Kota Jambi.” Jurnal Edumatica 4, No. 2 (2014): 66–76.

Arindino, R. Y, dan N. Ramadhani. “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 6 SD.” Jurnal Sains dan Seni Pomits 2, No. 1 (2013): 28–32.

Aulia, R. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak Tunarungu.” E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) 1, No. 2 (2012): 347-357.

Irdamurni, Kasiyati, Zulmiyetri, and J Taufan. “Meningkatkan Kemampuan Guru pada Pembelajaran Membaca Anak Dislesksia.” Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2, No. 2 (2018): 29–40.

Moraza, A, and Nurhastuti. “Mengurangi Kesalahan Membaca Permulaan pada Anak Disleksia (X) melalui Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Game Secil.” Juppekhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 9, No. 1 (2021): 35–43.

Purnomo, A, I. N Azizah, R Hartono, Hartatik, dan S. A Bawono. “Pengembangan Game untuk Terapi Membaca bagi Anak Disleksia Dan Diskalkulia.” Jurnal Simetris 8, no. 2 (2017): 497-506.

Rahaman, Budi, and Haryanto. “Peninkatan Ketrampilan Membaca Permulaan melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas 1 SDN Bajayau Tengah 2.” Jurnal Prima Edukasia 2, No. 2 (2014): 127–37.

Rofiah, N. H. “Proses Indentifikasi: ‘Mengenal Anak Kesulitan Belajar Tipe Disleksia bagi Guru Sekolah Dasar Inklusi’.” Jurnal Inklusi 2, No. 1 (2015): 109-124.

Sabri, A., Zulmiyetri, and Damri. “Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Membaca Kata Berpola KV-KVK bagi Anak Disleksia.” Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2, No. 2 (2018): 15–18.

Sugiyono. Metode Penelitiian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Published

2021-12-16

Issue

Section

Articles