PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN STOP MOTION DENGAN APLIKASI WONDERSHARE FILMORA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Putri Nur Rohmah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sholeh Hidayat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aan Subhan Pamungkas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hestu Wilujeng Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.181

Keywords:

Development, Learning Media, Stop Motion

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan supaya media pembelajaran dalam mengembangkan video stop motion pada mata pelajaran matematika sekolah dasar. Adapun dalam materi dituangkan pada video stop motion ini yakni menghitung hasil perkalian. Subjek dalam penelitian yakni peserta didik kelas III SDN Gorda 1 yang berjumlah 21 siswa. Penggunaan metoda pada penelitian ini yakni R&D (Research and Development) melalui model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Data yang dikumpulkan pada penelitian pengembangan yakni melalui cara tanya jawab pada wawancara serta kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran stop motion memiliki kelayakan dalam penggunaannya sebagai media belajar. Hal tersebut dilihat melalui hasilnya penilaian dilaksanakan dengan validator ahli media dan materi. Hasil dari validasi kepada ahli media yakni senilai 92.1% kriteria sangat layak, sedangkan validasi kepada ahli materi yaitu 85,3% kriteria sangat layak. Selain itu, hasil angket respon siswa sebesar 97,6% kriteria sangat baik, dengan begitu menyimpulkan bahwa video pembelajaran stop motion ini dapat diberikan pemahamannya untuk kelas III SDN Gorda 1 terhadap pembelajaran matematika materi perkalian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Pribadi Benny. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.

Fenanlampir, Alberthus, John Rafafy Batlolona, dan Imelda Imelda. “The Struggle of Indonesian Students in the Context of TIMSS and PISA Has Not Ended.” International Journal of Civil Engineering and Technology Vol 10 No (2019).

Permendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2016.

Rosyida, Fatiya, and Khofifatu Rohmah Adi. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Program Autoplay Untuk Guru-guru SMPN 2 Balen Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro.” Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial Vol 1 No 1 (2018).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuali Kuanti Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Wulansari, Andhita Dessy. “Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Team Assisted Individualization Pada Materi Regresi Linier.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol 12 No (2014).

Published

2021-12-16

Issue

Section

Articles