PENDIDIKAN INTEGRITAS DALAM WACAN BOCAH MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT: KAJIAN STRUKTURAL TEKS SASTRA ANAK BERBAHASA JAWA

Authors

  • Latif Nur Hasan Universitas Negeri Surabaya
  • Udjang Pairin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.185

Keywords:

teks sastra anak, bahasa Jawa, pendidikan karakter, integritas

Abstract

Sastra anak sangat penting dalam proses pewarisan sastra, utamanya sastra Jawa karena penggunaan bahasa Jawa pada anak mulai luntur. Tidak hanya sebagai warisan sastra, dalam karya sastra anak terkandung pendidikan-pendidikan karakter yang dibutuhkan untuk perkembangan anak. Salah satunya adalah pendidikan karakter integritas yang banyak ditemukan dalam teks-teks sastra anak “wacan bocah majalah Panjebar Semangat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai pendididikan integritas yang terkandung dalam wacan bocah tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan terhadap teks yaitu hanya memfokuskan pada hasil karya (teks) bacaan sastra anak. Objek kajian penelitian ini adalah karya sastra anak berbahasa Jawa yang dimuat dalam Majalah Berbahasa Jawa Panjebar Semangat tahun 2020. Hasil analisis karakter integritas tersebut ditemukan ada empat jenis pendidikan karakter integritas, yaitu; 1) kejujuran, 2) keteladanan, 3) kesantunan, dan 4) cinta pada kebenaran. Keempat pendidikan karakter tersebut digambarkan baik secara implisit maupun eksplisit dalam wacan bocah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Galda, Lee, Ash, G. E., & Cullinan, B. E. “Research on Children’s Literature,” 2001.

Muchlas Samani dan Hariyanto. Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya, 2011.

Neina, Qurrota Ayu. “Dongeng Abad 21: Modernisasi Sastra Anak Berbasis Psikologi Perkembangan.” Jurnal Sastra Indonesia 7, no. 3 (2019): 202–11. https://doi.org/10.15294/jsi.v7i3.29846.

Rumidjan. Dasar Keilmuan dan Pembelajaran Sastra Anak SD. FIP UM, 2013.

Sarumpaet, Riris K. Toha. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2010.

Sugiarti. “Kajian Sastra Anak “ Kecil-Kecil Punya Karya The Evergreen “ Karya Nisrina Hanifah dalam Perspektif Pendidikan Karakter.” Jurnal Humanity 8, no. 2 (2013): 94–105.

http://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/2103.

Winarni, Retno. Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Published

2021-12-16

Issue

Section

Articles