INTERELASI NILAI MORAL DALAM SERAT WEDHARAGA TERHADAP SUBSTANSI MATA KULIAH PEMBELAJARAN DAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI SD/MI

Authors

  • M Fathurahman Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Ratna Nila Puspitasari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i2.435

Keywords:

Moral Values, Wedharaga, MI Moral Aqidah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan akademik peneliti perihal minimnya pembahasan secara intens terkait serat-serat peninggalan para pujangga era terdahulu. Padahal jika kita menengok kebelakang sesungguhnya banyak sekali substansi yang disuguhkan oleh serat-serat tersebut yang senyatanya masih relevan jika dipelajari dewasa ini. Selain itu, dengan mempelajari karya para pujangga pada era silam semakin meneguhkan bahwa para pendahulu bangsa ini bukan saja memiliki pengetahuan yang mumpuni bahkan memiliki peradaban yang sesungguhnya tidak kalah dengan temua-temuan yang ada di negara luar. Pada penelitian ini peneliti menemukan bahwa terdapat interelasi yang nyata antara nilai moral yang ada dalam serat Wedharaga karya Ranggawarsita dengan nilai moral dalam Akidah Akhlak SD/MI. Adapun upaya dalam memadu padankan agar benar-benar sampai pada peserta didik yakni dengan cara. Pertama, mengenalkan nilai moral dari kedua sumber terkait atau yang disebut dengan moral knowing. Langkah kedua adalah moral loving yakni memberikan kebiasaan nilai moral tertentu agar anak menyukainya. Ketiga dengan cara moral doing, membiasakan nilai moral yang baik dalam kehidupan harian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, Ahmad Syauqil. Akidah Akhlaq MI Kelas VI. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI, 2020.

Darsana. Bahan Ajar Mata Kuliah Tembang I. Surakarta: STSI Surakarta, 2001.

Kominfo. “Indonesia Miliki Kekayaan Dan Keanekaragaman Budaya,” n.d. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/1342/Indonesia+Miliki+Kekayaan +dan+Keanekaragaman+Budaya/0/berita_satker .

Lickona, Thomas. “Mendidik Untuk Membentuk Karakter.” Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2013.

Listari, Lasmida. “, Dekadensi Moral Remaja (Upaya Pembinaan Moral Oleh Keluarga Dan Sekolah).” Jurnal Pendidikan Psikologi Dan Humaniora 12, no. 1 (2021).

M. Nur Hakim, Metodologi Studi Islam (Malang: UMM Press, 2005), 84. Metodologi Studi Islam. Malang: UMM Press, 2005.

Mahdum. Akidah Akhlaq MI Kelas V. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI, 2020.

Mochammad, Iskarim. “Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa),.” Iskarim Mochammad, “Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa),” Edukasia Islamika 1, no. 1 (2016).

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Off set, 2006.

Mujahiddin, Khoirul. Akidah Akhlaq MI Kelas III. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI, 2020.

Mustofa, Imam Taulabi dan. “Dekadensi Moral Siswa Dan Penanggulangan Melalui Pendidikan Karakter.” Tribakti Jurnal Pemikiran Dan Keislaman 30, no. 1 (2019).

Najib, Imha Ainun. “Interelasi Nilai Islam Dan Peradaban Jawa Dalam Arsitektur Masjid Agung Kauman Semarang.” Universitas Islam Sultan Agung, 2018.

Noor, Subkhiatin. Akidah Akhlaq MI Kelas IV. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI, 2020.

Nurgiyantoro, Burhan. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2013.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 2 tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah (2014).

Purwadi. Ramalan Zaman Edan Ronggowarsito. Yogyakarta: Media Abadi, 2005.

Rahmi, M. Ali Adriansyah dan Marwita. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal.” Jurnal Psikostudia 1, no. 1 (2012).

Reza, Iredho Fani. “Hubungan Antara Religiusitas Dengan Moralitas Para Remaja Di Madrasah Aliyah.” Humanitas 10, no. 2 (2013).

Tedjowirawan, Anung. Menelusuri Kebesaran Pujangga R. Ng. Ranggawarsita Melalui Karya-Karya Ciptaannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Widyawati, Wiwin. Serat Kalatidha. Yogyakarta: Pura Pustaka, 2012.

Published

2023-12-25

How to Cite

Fathurahman, M., & Nila Puspitasari, R. (2023). INTERELASI NILAI MORAL DALAM SERAT WEDHARAGA TERHADAP SUBSTANSI MATA KULIAH PEMBELAJARAN DAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI SD/MI. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 8(2), 211-222. https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i2.435

Issue

Section

Articles