MEMBANGUN NALAR KRITIS BAGI ANAK DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PRAKTIK MODERASI BERAGAMA

Authors

  • M Fathurahman Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Restu Yulia Hidayatul Umah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i1.243

Keywords:

moderasi beragama, nalar kritis, anak usia dini

Abstract

Moderasi beragama merupakan pemahaman yang sangat dibutuhkan dalam konteks keindonesiaan. Keberadaanya menjadi sebuah keharusan yang patut disuarakan, karena memuat prinsip yang sangat mendasar yakni perdamaian. Mengajarkan moderasi beragama sejatinya mengenali agama dan ajarannya dengan cara yang elegan dan mengesankan, terlebih dalam bingkai bangsa Indonesia. Dengan kata lain, pemahaman ini memiliki tujuan yang sangat urgen bagi keberlangsungan bangsa ini. Indonesia sebagaimana diketahui memiliki berbagai keragaman dalam berbagai hal, dimana pada satu sisi adalah kekayaan yang tidak ternilai, namun pada saat yang sama dapat menjadi penyebab perpecahan bangsa jika tidak dikelola dengan baik. Karenanya, hal yang harus dilakukan adalah memberikan kesadaran ini seluas-luasnya dan sedetail mungkin tidak terkecuali kepada anak. Sebab anak merupakan generasi yang kelak akan mengelola negeri ini. Tujuan dari penelitian ini ialah memberikan gambaran cara untuk memahamkan moderasi beragama dengan menjadikan anak dapat berpikir kritis dan tidak fanatis, sehingga menjauhkan anak dari perilaku-perilaku yang berpotensi mengkotaminasi pikirannya dan mencegah melangkah pada hal yang salah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis library research. Hasilnya, cara yang ditempuh dalam memberikan pemahaman moderasi beragama pada anak adalah dengan mengajari nalar kritis. Yakni dengan cara memperluas persepsi, toleransi, dan mencari poros tengah kebenaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian, Kevin. “6 Tips Menumbuhkan Kecerdasan Emosional (EQ) Anak.” Alo Dokter. Accessed February 17, 2022. https://www.alodokter.com/6-tips-menumbuhkan-kecerdasan-emosional-eq-anak.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 2003.

Fathurahman, M. “Membumikan Piagam Madinah Dalam Upaya Filterisasi Media Di Era Cyber.” Dialogia Vol 17, no. No 1 (2019).

———. “Siswa Yang Dewasa.” Pendapat Guru (SKH. Kedaulatan Rakyat), January 8, 2010.

Haris, M. Lentera Kegelapan Untuk Mengenal Pendidik Sejati Manusia. Kediri: Pustaka Gerbang Lama, 2015.

Jalaluddin. Psikologi Agama. Revisi. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Mahfuzh, M Jalaludin. Psikologi Anak Dan Remaja Muslim. Jakarta: Pustaka al Kautsar, 2001.

Marinda, Leny. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman Vol 13 No (2020).

Mu’min, Sitti Aisyah. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget.” Jurnal Al Ta’dib Vol 6 No 1 (2013).

Pasek, Nyoman Suadnyana. “Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Vol 1 No 1 (2016).

Pramono, Joko, and Maria Entina Puspita. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Dan Kecerdasan Dalam Menentukan Risiko Kecurangan.” ECONBANK: Journal of Economics and Banking Vol 2 No 1 (2020).

Sarwono, Sarlito Wirawan. Berkenalan Dengan Aliran-Aliran Dan Tokoh Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang, 2007.

Suadirman, Siti Partini. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Stunding Yogyakarta, 1991.

Sudjana, Nana, and Ahmad Rivai. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2007.

Supardi, and Aqila Smart. Ide-Ide Kreatif Mendidik Anak Bagi Orangtua Sibuk. Yogyakarta: Katahati, 2010.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Syaparudin, and Elihami. “Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diridalam Proses Pembelajaran PKn.” MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, n.d.

Trisnani, Novy. “Tingkat Kemampuan Berfikir Reflektif Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 4, no. No 2 (2020).

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles