KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FPB DAN KPK BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Asna Rizki Bintari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Ulum Fatmahanik Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i2.490

Keywords:

FBP;, KPK;, Motivasi Belajar;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis siswa kelas IV MIN 8 Magetan berdasarkan motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah FPB dan KPK. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV berjumlah 22 siswa kemudian di ambil 2 subjek kemampuan berpikir logis dengan motivasi belajar tinggi. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil identifikasi data ditemukan bahwa (1) siswa dengan kemampuan berpikir logis berdasarkan motivasi belajar tinggi mereka mampu menjawab semua soal tes dengan benar dan mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir logis, siswa dengan kemampuan berpikir logis berdasarkan motivasi belajar sedang mereka mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir logis dan dapat menyelesaikan soal tes namun terdapat beberapa jawaban yang salah, siswa dengan kemampuan berpikir logis berdasarkan motivasi belajar rendah mereka belum mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir logis dan belum mampu menjawab soal tes dengan benar, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir logis siswa dalam menyelesaikan masalah FPB dan KPK diantaranya: kurangnya motivasi belajar, siswa belum memahami materi, siswa masih kesulitan dalam perhitungan, siswa belum menguasai macam-macam soal yang berkaitan dengan FPB dan KPK sehingga tidak dapat menyelesaian permasalahan dengan maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Efendi, Revolusi Kecerdasan Abad 21 (Bandung: Alfabeta, 2005), 143.

Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian Kualitatif (Jakarta: Jarawali Pers, 2002). 20

Cindy Aditya Cahyani And Sutriyono, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga” 2 (2018): 27.

Feni Maisyaroh, Maimunah, And Yenita Roza, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa MTS” 4 (2019): 32.

I Made Surat, “Pembentukan Karakter Dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik” 5 (2016): 5.

Imas Masroh Nuraisah, Heris Henddriana, And Ecep Supriatna, “Gambaran Motivasi Belajar Pada Siswa SMP PGRI 1 Cianjur” 5 (2022): 20.

Imas Nasroh Nuraisah, Heris Hendriana and Ecep Supriatna ,”Gambaran Motivasi Belajar Siswa SMP PGRI 1 Cianjur” 5 (2022):1

Misdaningsih,”Analisis Kemampuan Berpikir Logis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Handayani Sunggumunisa,”Skripsi:Universitas Muhammadiyah Makasar,2022”.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Beroreantasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2006), 16.

Yuni Arnindha and Fatahillah, “Membentuk Karakter Logis, Kritis, Kreatif,Dan Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik” 7 (2012): 4.

———. “Orientation to Happiness and Life Satisfaction: The Full Life versus the Empty Life,” Journal of happiness studies, Vol. 14 (n.d.).

Published

2023-12-25

How to Cite

Rizki Bintari, A. ., & Fatmahanik, U. (2023). KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FPB DAN KPK BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR . Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 8(2), 231-240. https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i2.490

Issue

Section

Articles