BRIGHTSIDAR: INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH DAN RANGKAIAN LISTRIK TIGA DIMENSI

Authors

  • Diana Hapsari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Rahmi Faradisya Ekapti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Alfiana Dewi Khasanah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Eva Puspitasari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.606

Keywords:

BrightSiDar, BrightSiDar, Inovasi, Media 3 Dimensi, Sistem Peredaran Darah, Rangkaian Listrik

Abstract

Siswa sekolah dasar sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep sistem peredaran darah serta organ yang ada dan fungsi dari organ. Rangkaian listrik merupakan salah satu konsep yang diajarkan dalam pembelajaran sekolah dasar. Media pembelajaran 3 dimensi sangat membantu dalam memahami dan menarik minat siswa terhadap konsep sistem peredaran darah sekaligus mengintegrasikan materi rangkaian listrik. Tujuan dari penelitian ini  untuk memudahkan siswa sekolah dasar mempelajari konsep peredaran darah yang diintegrasikan dengan konsep rangkaian listrik dengan media pembelajaran 3 dimensi yang dinamakan “BrightSiDar”. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Hasil validasi ahli merupakan pendukung dalam kelayakan pengembangan media pembelajaran terintegrasi 3 dimensi BrightSiDar. Hasil rata-rata validasi 3 ahli mengenai ketepatan konsep 93.33% kategori sangat valid, ketahanan alat 91,06% kategori sangat valid, estetika 80% kategori sangat baik, efisiensi alat sebesar 91,06% kategori sangat valid, dan keamanan alat sebesar 88.88% kategori sangat baik. Hasil pemahaman dengan media 77% konsep sistem peredaran darah dan 88% konsep rangkaian listrik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media BrigtSidar dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat mempermudah guru dalam menjelaskan konsep sistem peredaran darah dan rangkaian Listrik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Ahmad, Laila Khamsatul Muharrami, Ana Yuniasti Retno Wulandari, and Fatimatul Munawaroh. “Pengaruh Media Crocodile Physics Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Natural Science Education Research 1, no. 1 (July 30, 2018): 65–72. https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4475.

Anafi, Khoirul, Iskandar Wiryokusumo, and Ibut Priono Leksono. “Pengembangan Media Pembelajaran Model ADDIE Menggunakan Software Unity 3D.” Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 9, no. 4 (2021).

Andi Rustandi and Rismayanti. “Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di SMPN 22 Kota Samarinda.” JURNAL FASILKOM 11, no. 2 (August 26, 2021): 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546.

Anjarwati, Ani, Rizka Amelia Putri, Mely Tri Maulidya, and Megawati Megawati. “Implementasi Metode PjBL Pada Pembelajaran Rangkaian Listrik Sederhana Di SDN Ketompen.” Jurnal Kiprah 11, no. 2 (December 31, 2023): 51–60. https://doi.org/10.31629/kiprah.v11i2.5362.

Arief, M. Miftah. “MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SD/MI (TUJUAN PENGGUNAAN, FUNGSI, PRINSIP PEMILIHAN, PENGGUNAAN, DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN).” Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Keagamaan 5, no. 1 (2021). http://jurnal.iaidarussalam.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/33.

Branch, Robert Maribe. Instructional Design: The ADDIE Aproach. New York: Springer, 2009.

Dewi, Ressi Kartika. “PEMANAFAATAN MEDIA 3 DIMENSI BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD.” Jurnal Pendidikan 21, no. 1 (March 2, 2020): 28–37. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.732.2020.

Fadilah, Aisyah, Kiki Rizki Nurzakiyah, Nasywa Atha Kanya, Sulis Putri Hidayat, and Usep Setiawan. “Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran” 1, no. 2 (2023).

Febiana, Atika Ayuni, Insania Tyas Ningrum, Kurnia Nur Aisyah, and Wahyu Kurniawati. “PEMBELAJARAN RANGKAIN SERI DAN PARAREL DI SEKOLAH DASAR” 1, no. 2 (2023).

Harsiwi, Udi Budi, and Liss Dyah Dewi Arini. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (September 3, 2020): 1104–13. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505.

Hasanah, Umrotul, and Lukman Nulhakim. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP FOTOSINTESIS.” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 1, no. 1 (November 30, 2015): 91. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.283.

Ningrum, Kartika Dwi, Erry Utomo, Arita Marini, and Bramianto Setiawan. “Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (January 28, 2022): 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289.

Okpatrioka Okpatrioka. “Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan.” Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 1, no. 1 (March 30, 2023): 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154.

Purba, Nancy Angelia, and Veria Tika Sihombing. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI (3D) KELAS V SD NEGERI 091281 BATU IV.” Jurnal Ilmiah Aquinas 4, no. 2 (July 7, 2021): 322–43. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1320.

Purwanti, Ana Dwi. “Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Mengingkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif 2, no. 16 (2012). https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i2.3957.

Saleh, M. Sahin, Syahruddin, Muh. Syahrul Saleh, Ilham Aziz, and Sahabuddin. Media Pembelajaran. Pertama. Jawa Tengah: Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2023. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran.

Sukardi. Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan Operasionalnya. Jakarta Timur: Bumi Aksara, 2011.

Tambayong, Mario O, Arie S Lumenta, and Brave A Sugiarso. “Implementasi Augmented Reality Pada Sistem Sirkulasi Darah Manusia” 5 (2016).

Tobamba, Erlin. K, Eko Siswono, and Khaerudin Khaerudin. “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 3, no. 2 (December 6, 2019): 372–80. https://doi.org/10.30738/tc.v3i2.5210.

Wahid, Abdul. “PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR,” 2018.

Waruwu, Marinu. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi” 7 (2023).

Wastriami, Wastriami, and Adam Mudinillah. “Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 25 Tambangan.” TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 1 (March 17, 2022): 30–43. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i1.195.

Zain, Zarima. “Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun IPA.” In Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industr (SNTKI) 9, 703–8. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau: Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industr, 2017. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/3198.

Published

2024-12-31

How to Cite

Diana Hapsari, Faradisya Ekapti, R., Dewi Khasanah, A., & Puspitasari, E. (2024). BRIGHTSIDAR: INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH DAN RANGKAIAN LISTRIK TIGA DIMENSI. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(2), 149-164. https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.606

Issue

Section

Articles