PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPAS MATERI HARMONI EKOSISTEM

Authors

  • Dhona Ayu Qomara 3Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Adi Wijayanto Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.612

Keywords:

Bahan ajar digital, Book Creator, hasil belajar, IPAS, Harmoni dalam ekosistem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis Book Creator untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS), khususnya materi harmoni dalam ekosistem. Menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar digital ini berhasil meningkatkan rata-rata nilai siswa dari 70 pada pretest menjadi 85 pada posttest, mencerminkan peningkatan sebesar 21,4%. Umpan balik positif dari siswa dan guru menunjukkan bahwa bahan ajar ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep tetapi juga membuat proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan dapat secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa dan mendukung kebijakan pendidikan yang mendorong penggunaan media pembelajaran interaktif di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adri, A. (2023). Pengembangan bahan ajar pendidikan Agama Islam berbasis pendidikan multikultural untuk membentuk sikap moderasi beragama siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Nagajuang Kabupaten Mandailing Natal. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Aima, Z., Anggraini, V., Edriati, S., Putri, A., Alma, S. H., & Syahwa, K. A. (2024). Pelatihan Penyusunan Buku Digital Menggunakan Platform Book Creator. Beujroh: Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 69–83.

Aliyah, P. J. M. (n.d.). Multiple Intelligences Menurut Howard Gardner Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Anggraini, P. D., Harris, T., & Wahyudi, M. F. (2024). Literasi Pendidikan Indonesia Di Era Digitalisasi 5.0 Dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang. Akademika, 17(2).

Arifin, Z. (2012). Model penelitian dan pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewey, J. (2022). The collected works of John Dewey. DigiCat.

Dikananda, A. R., Nurdiawan, O., & Subandi, H. (2021). Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 135–141.

Dini, J. (2022). Tingkat kemampuan literasi sains guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3868–3876.

Fangera, R. D. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Chemo-Edutainment Berbantuan Book Creator Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Universitas Jambi.

Fauzi, A. (2024). TA: Perancangan Motion Graphic sebagai Media Kampanye Sosial untuk Menggugah Kesadaran Literasi Digital Generasi Muda. Universitas Dinamika.

Fikrah, Z. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator pada Pembelajaran Tematik Terpadudi Kelas IV SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan. Universitas Negeri Padang.

Fitrianna, D., Hasanah, F. N., & Ernawati, S. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan Book Creator di SDN Kadumerak 1. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 7(1), 353–362.

Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68.

Ginayah, R., Iswara, P. D., & Karlina, D. A. (2024). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Keterampilan Membaca Permulaan. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1770–1784.

Juheti, J., Nur, S. H., & Hindriana, A. F. (2018). Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 6(1), 20–26.

Larasati, S. R., & Rukmana, D. (2024). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Book Creator Berbasis Pendekatan Saintifik dan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3).

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Mardiana, D., Supriyanto, R. M. T., & Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa: History Teacher’s Perception Of The Existence Of The Balanga Museum Related To History Learning In Sma Negeri 4 Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 1–18.

Nisa, S. K., Yohanie, D. D., & Darsono, D. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Aplikasi Book Creator dengan Model Problem Based Learning. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(2), 265–282.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Putri, D. B. (2023). APJII: Jumlah Penetrasi Internet di Indonesia Tahun Ini Mencapai 78,19 Persen. Voi.Id. https://voi.id/teknologi/261877/apjii-jumlah-penetrasi-internet-di-indonesia-tahun-ini-mencapai-78-19-persen#:~:text=Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia %28APJII%29,215.626.156 jiwa dari total populasi sebesar 275.773.901 jiwa.

Rahmadani, D. F. W., Dewi, C. K., & Fiandra, Y. (2022). Perancangan Storyboard Video Dokumentasi Visual KKN Tematik Budaya Keraton Sumedang Larang. Kreatif: Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental Dan Inovatif, 4(2), 51–54.

Sakti, A. B., & Purwowidodo, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Book Creator dalam Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran IPA Kelas V di SDN 2 Prayungan Nganjuk. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1395–1405.

Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL).

Sugilar, H. (2020). Multimedia matematika di era digital. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 442–451.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Widanti, A. P., & Fathurrahman, M. (2024). Development of Digital Learning Materials Using a QR Code Based Book Creator Application to Improve Student Learning Outcomes in Science Subjects. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(10), 7885–7893.

Wijayanto, A., & Khusnaini, E. (2023). Development Of Book Creator-Based Electronic Modules On Learning The Human Digestive System In Madrasah Ibtidaiyah. Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education, 1, 428–439.

Yulfidya, D. E., & Saputra, B. A. (2024). Optimalisasi Pemahaman Dasar-dasar Fotografi melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dan Quizziz di SMKIT Robbani Singosari. Al-DYAS, 3(1), 488–498.

Published

2024-12-31

How to Cite

Qomara, D. A., Wijayanto, A., & Agustina Nurlaila Eka Erfiana, N. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPAS MATERI HARMONI EKOSISTEM. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(2), 245-260. https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.612

Issue

Section

Articles