INTEGRASI NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA ERA SOCIETY 5.O DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.620Keywords:
Integrasi, Nilai Karakter, Pendidikan Pancasila, Era Society 5.0Abstract
Karakter dikehidupan saat ini sangatlah menggelisahkan terutama di dunia pendidikan oleh karena itu perlu edukasi sejak dini setelah banyak kejahatan yang saat ini beredar, baik di platform media masa (offline) ataupun (online). Penelitian ini bertujuan untuk memastikan bagaimana penanaman nilai karakter dapat diterapkan melalui pendidikan pancasila era society 5.0 di sekolah dasar provinsi Banten. Metodologi penelitian kualitatif diterapkan dengan model penelitian lapangan (field research) dan studi kasus deskriptif, metode ini menghasilkan data deskriptif dari pengamatan langsung, wawancara, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai karakter melalui pembelajaran pendidikan pancasila era society 5.0 di sekolah dasar provinsi banten sangat memberikan dampak yang besar bagi pembentukan karakter generasi muda yang berakhlak kuat dan mampu menghadapi tantangan zaman. Implementasi nilai karakter dilakukan melalui tiga aspek utama: moral knowing (pengetahuan moral), moral feeling (perasaan moral) dan moral behavior (perilaku moral), yang diwujudkan dalam kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler dan interaksi sosial. Penelitian ini juga di harapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan karakter di sekolah dan membantu guru dan orang tua dalam mengembangkan nilai karakter pada siswa.
Downloads
References
Abidin, Yunus. “Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Elementaria Edukasia 6, no. 2 (2023): 8–14.
Achmad, Sitti Fatimah, dan Darman Manda Mustari. “Sinergitas Orang Tua dan Guru dalam Pengasuhan Anak Berkarakter Di Era Digital.” Phinisi Integration Review 534 (2021).
Adisaputro, Sony Eko. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Milenial Membentuk Manusia Bermartabat.” J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam 1, no. 1 (2020).
Adriaman, Mahlil. Pengantar Metode Penelitian Ilmu Hukum. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah, 2024.
Al-Fikri, H. Muchsin. “Peluang dan tantangan perguruan tinggi menghadapi revolusi digital di era society 5.0.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3:350–55, 2021.
Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.
Annisa, Miftah Nurul, Ade Wiliah, dan Nia Rahmawati. “Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital,” 2020.
Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Shinta Prima Rosdiana, dan Achmad Noor Fatirul. “Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21.” Sanskara Pendidikan dan Pengajaran 1, no. 02 (2023): 56–67.
El Maskhuriyah, Dinda, Erist Galih Fatchan, Varissa Sarahma Murti, dan Wulan Maulidia. “Mempersiapkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar.” SNHRP 4 (2022): 68–74.
Faiz, Aiman, Bukhori Soleh, Imas Kurniawaty, dan Purwati Purwati. “Tinjauan analisis kritis terhadap faktor penghambat pendidikan karakter di Indonesia.” Jurnal basicedu 5, no. 4 (2021): 66–77.
Hajawiyah, Ain, Mirra Fasya Hapsari, Rikhy Yuliyanto, dan Soni Efandi. “Sosialisasi Kenakalan Remaja, Sex Education, dan Kekerasan Seksual di SMP Negeri 3 Trucuk.” Jurnal Bina Desa 4, no. 3 (2022): 55–62.
Hendriana, Evinna Cinda, dan Arnold Jacobus. “Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 1, no. 2 (2017): 25–29.
Idris, Muh. “Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona.” Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018): 77–102.
Lestari, Tuti, Gunawan Santoso, dan Tato Saputro. “Meningkatkan Semangat Gotong Royong Melalui Aturan Kolaboratif Di Rumah, Sekolah, dan Sekitarnya.” Jurnal Pendidikan Transformatif 2, no. 4 (2023): 1–18.
Mamik, Dr. “Metodologi Kualitatif.” Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2015.
Putra, Komang Aris Sandika, I. Wayan Gede Sidhi Artha, Kadek Suarjani Putri, dan I. Gusti Putu Eka Rustiana Dewi. “Meningkatkan pendidikan karakter generasi muda di era 5.0 melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.” Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR) 2 (2022): 61–69.
Rahmatsyah, Muhammad Zaky, dan Aji Wibawa. “Tata krama dan Etika di Era Society 5.0.” Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik 2, no. 8 (2022): 67–71.
Rakhmatiah, Rima Khuriatul. “Kearifan Lokal Sebagai Upaya Pencegahan Kenakalan Remaja.” . 1, no. 7 (2020): 17–26.
Rambe, Arjuna Yahdil Fauza, dan Lisa Dwi Afri. “Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret.” AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika 9, no. 2 (2020): 75–87.
Ramdhani, Muhammad Ali. “Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter.” Jurnal Pendidikan UNIGA 8, no. 1 (2017): 28–37.
Saimona, Picessa, Suhaedah Suhaedah, dan Srie Mulyani. “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Dalam Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2:1597–1605, 2021.
Setiadarma, Aan, Ahmad Zaki Abdullah, Priyono Sadjijo, dan Dwi Firmansyah. “Tinjauan Literatur Transformasi Sosial dalam Era Virtual.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora 4, no. 1 (2024): 32–44.
Sofyan, Edy. “Membentuk Generasi Muda yang Tangguh dalam Menghadapi Dampak Negatif Pinjaman Online melalui Pendidikan Pancasila di Era Society 5.0.” Journal on Education 6, no. 1 (2023): 46–50.
Sukiyat, H. Strategi implementasi pendidikan karakter. Jakad Media Publishing, 2020.
Sunardi, Sunardi, Wawan Kurnia Utama, dan Muhammad Munir. “Strategi Mutu Pesantren dan Tantangan Dekadensi Moral di Tengah Geliat Artificial Intelligence.” Jurnal Manajemen dan Budaya 4, no. 2 (2024): 102–10.
Syafri, Hafizah. “Cyber-Bullying Terhadap Anak Dibawah Umur Yang Terjadi Di Lingkungan Sekolah Perspektif Hukum Pidana Islam.” Jurnal Al-Jina’i Al-Islami 1, no. 2 (2024): 61–80.
Wibawa, Ramadhan Prasetya, dan Dinna Ririn Agustina. “Peran pendidikan berbasis higher order thinking skills (hots) pada tingkat sekolah menengah pertama di era society 5.0 sebagai penentu kemajuan bangsa indonesia.” EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya 7, no. 2 (2019): 37–41.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Oman Farhurohman, Ririn Anggita Citra, Sri Afinatussakinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.