PENGGUNAAN TEKNIK MODELLING DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.160Keywords:
peningkatan, membaca puisi, teknik modelling digitalAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan proses dan hasil pembelajaran membaca puisi siswa kelas V SDN 1 Kalangan Ngunut dengan teknik modelling digital. Adapun desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus tersebut meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun alat untuk mengambil data tersebut dengan lembar observasi, penugasan, dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif untuk mendeskripsikan peningkatan pada proses pembelajaran. Sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik pemodelan berhasil meningkatkan proses pembelajaran (tahapan perhatian, retensi, reproduksi dan motivasi) serta hasil membaca puisi siswa (aspek intonasi, lafal, volume, gestur, dan mimik) pada tiap siklus.
Downloads
References
Alatas, Mochamad Arifin. Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edited by H. A. Ghazali. Malang: CV. Madza Media, 2019. http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/327.
Alatas, Mochamad Arifin, dan Albaburrahim. “Record Slide Show PowerPoint sebagai Alternatif Media Pembelajaran Audio Visual Pada Pascapandemi.” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2021, 1–15. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.5273.
Andayani, R. “Pengembangan Bahan Ajar Cerpen dengan Strategi Pemodelan untuk Siswa SMA/MA Kelas X.” Universitas Negeri Malang, 2010.
BSNP. Standar Isi (Keputusan Menteri No. 22 Tahun 2006) Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BSNP, 2006.
Dalvi. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Agama dengan Menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Kuis Tim Kelas VIB MI Diniyah Puteri Padang Panjang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2005/2006.” Jurnal Guru: Pembelajaran di Sekolah Dasar dan Menengah 3, no. 1 (2006): 59–69.
Djamarah, S. B. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Endraswara, S. Membaca, Menulis, Mendengarkan Sastra. Yogjakarta: Kota Kembang, 2003.
Hapsari, E. D. “Peningkatan Kemampuan Membacakan Puisi dengan Model Parade Puisi Siswa Kelas VII A SMPN 1 Wungu Tahun Pelajaran 2009/2010.” Universitas Negeri Malang, 2010.
Junaedie, M. Apresiasi Sastra Indonesia. Ujung Pandang: Badan Penerbit IKIP Ujung Pandang, 1994.
Musaddat, S. “Penggunaan Strategi Pemodelan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Mataram.” Universitas Negeri Malang, 2008.
Nurhadi, dan A.G. Senduk. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Malang: UM Press., 2009.
Pratiwi, Y. Memahami Tujuan dan Materi Pengajaran Apresiasi Sastra. Malang: UM Press, 2005.
Puji, Febriyah, dan Indah Rahmawati. “Aplikasi Quizizz Menumbuhkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 18 Surabaya Di Era Pandemi Covid-19” 6 (2021): 1–9.
Rachmayanti, Irma, dan Mochamad Arifin Alatas. “Implementasi Aplikasi Edmodo Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Daring di PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.” Kadera Bahasa Volume 12, no. Nomor 2 (2020): 99–110. https://doi.org/https://doi.org/10.47541/kaba.v12i2.133.
———. “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Group sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19.” In Prosiding KNPI: Konferensi Nasional Pendidikan Islam, 361–77, 2020. http://conference.unisma.ac.id/index.php/KNPI/1/paper/view/1017/79.
———. “The Learning of Arabic Alphabets for Special Needs Students in Elementary School.” Izdihar?: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature 3, no. 2 (2020): 79–94. https://doi.org/10.22219/jiz.v3i2.11931.
Sadirman, A. M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2007.
Tarigan, H. G. Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa, 1994.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.
Yamin, M. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individu Siswa. Jakarta: GP Press, n.d.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Mochamad Arifin Alatas, Albaburrahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.