TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME MARIA MONTESSORI DAN PENERAPANNYA DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Hawwin Muzakki UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Restu Yulia Hidayatul Umah IAIN Ponorogo
  • Khoirul Mudawinun Nisa’ MAN 2 Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.164

Keywords:

Teori Belajar Konstruktivisme, Maria Montessori, Covid-19, Anak

Abstract

Virus corona yang mulai menyebar awal tahun 2020 mengubah tatanan dunia (new normal), hal tersebut juga terdampak langsung pada aspek pendidikan. Di Indonesia, muncul kebijakan untuk melakukan pembelajaran online. Faktanya, tidak semua pembelajaran bisa dilakukan secara online karena terkendala signal dan biaya. Maka perlu sebuah solusi, berupa konsep teoritis yang mengungkapkan pentingnya pembelajaran mandiri dan belajar sendiri untuk mengasah perkembangan sensori motorik pada anak. Konsep ini ditemukan dalam teori belajar kontruktivisme milik Maria Montessori. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui pembacaan secara hermeneutika filosofis, yang penulis gali dari buku-buku induk karya Maria Montessori, penelitian ini untuk mencari (1) Bagaimana gagasan besar teori belajar konstruktivisme Maria Montessori? (2) Bagaimana penerapan teori belajar kontruktivisme untuk anak dalam masa Covid-19? dengan tujuan penelitian untuk mengungkap dan menerapkan teori belajar konstruktivisme perspektif Maria Montessori untuk anak di masa pandemi. Penelitian ini menyimpulkan: (1) Anak memiliki kemampuan self construction, sensitive period, absorbent mind dan hukum perkembangan tertentu dalam belajarnya (2) Penerapan metode Montessori yang meliputi kegiatan untuk memberikan stimulasi sensorik, motorik dan bahasa di dalam rumah. Pemahaman ini penting, agar orang tua menggunakan teori belajar kontruktivisme pada anak dan digunakan sebagai dasar keyakinan orang tua di saat pembelajaran era new normal ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Rosyida Nurul, and Nurul Azizah. ‘Pengasuhan Anak Usia Dini Di Era New Normal Perspektif Islam’. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 2 (2020): 1–9.

Asri, Endang Daruni. Imperatif Kategoris Dalam Filsafat Immanual Kant. Yogyakarta: Lukman Offset, 1997.

Ayu Maharani. ‘Orang Tua Ikut Cemas Pada Pembelajaran Online, Mengapa?’ klikdokter.com, 13 July 2020. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3641492/anak-yang-belajar-online-mengapa-orang-tua-yang-panik-cari-tahu-yuk.

Britton, Lesley. Montessori Play & Learn: A Parents Guide to Purposeful Play from Two to Six. New York: Crown Publishers, 1992.

Elytasari, Suvidian. ‘Esensi Metode Montessori Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini’. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 3, no. 1 (2017): 59–73.

Fat. ‘Saleh Daulay: Kegelisahan Orang Tua Terkait Pendidikan Anaknya Makin Tinggi’. www.jpnn.com, 28 July 2020.

Hergenhahn, B. R., and Matthew H. Olson. Theories of Learning. Translated by Triwiboeo B. S. Vol. 7. Jakarta: Kencana, 2008.

Mia Chitra Dinisari. ‘Pandemi Covid-19 Diprediksi Berakhir 7 Tahun Lagi’. Bisnis.com, 6 February 2021. https://lifestyle.bisnis.com/read/20210206/106/1353112/pandemi-covid-19-diprediksi-berakhir-7-tahun-lagi.

Montessori, Maria. Dr. Montessori’s Own Handbook. Schocken Books, 1988.

———. Metode Montessori Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orang Tua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini. Edited by Gerald Lee Gutek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

———. My System of Education. California: House of Childhood, Incorporated, 1915.

———. Rahasia Masa Kanak-Kanak. Translated by Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

———. The Absorbent Mind, Pikiran Yang Mudah Menyerap. Translated by Dariyatno. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Prihardani Ganda Tuah Purba. ‘Pentingnya Kemandirian Belajar Anak di Masa Pandemi’. DW.COM, Mei 2020. https://www.dw.com/id/pentingnya-kemandirian-belajar-anak-di-masa-pandemi/a-53326909.

Wijaya, Aksin. Nalar Kritis Epistemologi Islam Membincang Dialog Kritis Para Kritikus Muslim: Al-Ghazali, Ibnu Rusyd, Thaha Husain, M. Abid al-Jabiri. Yogyakarta: Kalimedia, 2017.

———. Teori Interpretasi Al-Qur’an Ibn Rusyd; Kritik Ideologis-Hermeneutis. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara, 2009.

Zaman, Badru. ‘Bahan Perkuliahan Pendekatan Montessori’. Bandung: UPI, 2018.

Published

2021-12-16

How to Cite

Hawwin Muzakki, Umah, R. Y. H. ., & Nisa’, K. M. . (2021). TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME MARIA MONTESSORI DAN PENERAPANNYA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 241-262. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.164

Issue

Section

Articles