EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nufikha Ulfah Institut Teknlogi Sumatera
  • Lisa Retnasari 4Universitas Ahmad Dahlan
  • Yayuk Hidayah Universitas Ahmad Dahlan
  • Donita Gustika Siraten Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.171

Keywords:

Evaluasi, PPK, pandemic covid 19, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar. Di SD Muhammadiyah Karangkajen terdapat program PPK berbasis satuan tugas (satgas) khusus PPK untuk membentuk leader school by student to student dalam mengimplementasikan dan memanifestasikan nilai-nilai karakter kedalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan pendekatan kualitatif dan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini (1) tahapan konteks (context) visi dan misi, kebijakan sekolah, dan peluang yang dimanfaatkan sesuai antara yang dicanangkan oleh pemerintah dengan yang diimplementasikan; (2) tahapan masukan (input) program PPK selama pandemi berjalan dengan adanya koordinasi antara guru pendamping PPK, wali kelas, dan peserta didik. Sarana dan prasarana, pembiayaan dana, dan kondisi lingkungan sosial sekolah dan masyarakat sudah mendukung pelaksanaan program PPK; (3) tahapan proses (process) rincian pelaksanaan program PPK selama pandemi sesuai dengan realita di lapangan; (4) tahapan produk (product) peserta didik selama pandemi lebih ditonjolkan nilai religiusitas dan kemandirian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Wibowo. “Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Andriani, Silvya Eka, Imron Arifin, dan Ahmad Nurabadi. “Implementasi Program Penguatan Pendidikan.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1 (2018): 238–44.

Anggraeni, Rise Aditya, and Soedjono Soedjono. “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) di SDN Mangkang Wetan 02 Kota Semarang.” GEMA PUBLICA, 2018. https://doi.org/10.14710/gp.3.1.2018.36-45.

Anshori, Isa. “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah.” Halaqa: Islamic Education Journal 1, no. 2 (2017): 11. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243.

Busro, Muhammad, and Suwandi. Pendidikan Karakter. 1st ed. Yogyakarta: Media Akademi, 2017.

Depdiknas. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, 2003.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

Hamid, A. Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren: Pelajar dan Santri Dalam Era IT & Cyber Culture. Surabaya: IMTIYAZ, 2017.

Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Hasirun, La, Djoko Suryo, dan Taat Wulandari. “From Papua Ethnonationalism to Indonesian Nationalism: A Historical Study.” In Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things. European Alliance for Innovation (EAI), 2018.

Hikmawati, A., H. Sawiji, dan A. Subarno. “Pembagian Kerja, Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerjasama terhadap Efektivitas Kerja Pegawai.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2012.

Istiantara, Dedik Tri. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi guna Meningkatkan Kinerja Pegawai Dan Dosen Polikteknik Perkeretaapian Indonesia.” Jurnal Perkeretaapian Indonesia, 2019. https://doi.org/10.37367/jpi.v3i2.89.

Kemendikbud. Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

———. Konsepd Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Kementrian Kesehatan RI. “Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi COVID-19.” https://www.kemkes.go.id/article/view/20030400008/FAQ-Coronavirus.html, 2020.

Khotimah, Desy Nurlaida. “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK ) melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar.” Ilmiah Kependidikan 2, No. 1 (2019): 28–31.

Koesoema D. Pendidikan Karakter Berbasis Kelas. Yogyakarta: PT Kanisius, 2018.

Kusnoto, Yuver. “Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter psda Satuan Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Sosial, 2017.

Lickona, Thomas. Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter Terj. Juma Wadu Wamaungu. Edited by Uyu Wahyuddin and Suryani. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Miharja, Fuad Jaya, Adi Slamet Kusumawardana, Arif Setiawan, Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Malang, Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Malang, and Universitas Muhammadiyah Malang. “Evaluasi Program Penguatan Karakter?: Studi di Sekolah Non- Piloting Ppk di Kota Malang Evaluation of Strengthening Character Programme?: Study in Non-” 1660 (2020).

Munthe, Ashiong P. “Pentingya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat.” Scholaria?: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5, no. 2 (2015): 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14.

Muryaningsih, Sri, dan Ali Mustadi. “Pengembangan RPP Tematik-Integratif untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras di Kelas 1 SDN 2 Sokaraja Tengah.” Jurnal Prima Edukasia, 2015. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6146.

Novitasari, Ririn Dwi, Arfilia Wijayanti, dan Filia Prima Artharina. “Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013.” Indonesian Values and Character Education Journal 2, No. 2 (2019): 79. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495.

Nurbaiti. “Kecanduan Bermain Game Online Dan Hubungannya dengan Pendidikan Karakter Islami Siswa (Studi Di Sd Azhari Cilandak Jakarta)” 3, No. 1 (2020): 55–67.

Onde, Mitrakasih La ode, Hijrawatil Aswat, Fitriani B, dan Eka Rosmitha Sari. “Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Era 4.0 pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu, 2020. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321.

Putranti, Yustina, dan Maria Melani Ika Susanti. “Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman.” Elementary Journal 2, No. 1 (2019): 42–52.

Putri, Dini Palupi. “Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital.” AR-RIAYAH?: Jurnal Pendidikan Dasar, 2018. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439.

Rosad, Ali Miftakhu. “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Managemen Sekolah.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 5, No. 02 (2019): 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074.

Santika, I Wayan Eka. “Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring.” Indonesian Values and Character Education Journal 3, No. 1 (2020): 8–19.

Subianto, Jito. “Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia?: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, No. 2 (2013): 331–54. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.

Sujatmiko, Ilham Nur, Imron Arifin, dan Asep Sunandar. “Penguatan Pendidikan Karakter di SD.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2019.

Suprio, Achmad Bagus, Fattah Hanurawan, and Sutarno. “Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5, No. 1 (2020): 121–26.

Sutisna, Deni, Dyah Indraswati, dan Muhammad Sobri. “Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 4, no. 2 (2019): 29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236.

Tim Penyusun PPK. Pedoman Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016.

Windasari, Dewi, dan Mohammad Syahidul Haq. “Program Ready To Be a Leader Di Sd Al-Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo” 08, No. 20 (2020): 267–78.

Published

2021-12-16

How to Cite

Ulfah, N., Retnasari, L. ., Hidayah, Y. ., & Siraten, D. G. . (2021). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 125-144. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.171

Issue

Section

Articles