IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MEDIA E-LEARNING (STUDI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 PONOROGO)

Authors

  • Anis Afifah IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.183

Keywords:

e-learning, perencanaan pembelajaran, pembelajaran jarak jauh

Abstract

Kehadiran E-Learning madsarah sebagai salah satu alternatif media pembelajaran jarak jauh yang digagas oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan MadrasahKementrian Agama Republik Indonesia harus diiringi dengan kesiapan guru dalam merencanakan pembelajaran. Artikel ini bermaksud untuk menganalisis implementasi pembelajaran jarak jauh dengan media E-Learning pada tahap perencanaan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah single-case study yaitu penelitian yang dilakukan di MIN 7 Ponorogo sebagai salah satu madrasah yang aktif dalam mengembangkan E-Learning Madrasah. Teknik pengumpulan dan analisis data menggunakan model Matthew B. Miles and A. Michael Huberman. Analisis mengacu pada konsep desain instructional Morison and Kemp yang terdiri dari empat elemen, yaitu identifikasi tujuan pembelajaran, analisis peserta didik, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dengan menggunakan E-Learning disusun secara sistematis sesuai dengan kurikulum yang berlaku, menyesuikan dengan kebutuhan serta kondisi peserta didik, menggunakan metode ceramah, diskusi dan penugasan. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkesinambungan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Anis Afifah, IAIN Ponorogo

Jurusan PGMI

References

Anastasiades, Panagiotes S. “Distance Learning in Elementary Schools in Cyprus: The Evaluation Methodology and Results.” Computers & Education 40, no. 1 (January 1, 2003): 17–40. https://doi.org/10.1016/S0360-1315(02)00077-5.

Anugrahana, Andri. “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10, No. 3 (2020): 282–89.

Burdina, Gulnara M., Irina E. Krapotkina, and Liliya G. Nasyrova. “Distance Learning in Elementary School Classrooms: An Emerging Framework for Contemporary Practice.” International Journal of Instruction 12, No. 1 (January 2019): 1–16.

Gary R. Morrison, Steven M. Rose, Howard K Kalman, dan Jerrold E. Kemp. Designing Effective Instruction. United States Of Amarica: John Wiley & Sons, Inc., 2011.

Huberman, Michael, dan Matthew B. Miles. The Qualitative Researcher’s Companion. Sage, 2002.

Jalal, Muhaiminah. “Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Covid-19.” SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, No. 1 (2020): 35–40.

Kemengtrian Agama. “Panduan E-Learning Madrasah,” 2019.

Khotimah, Husnul, Husniyatus Salamah Zainiyati, Abdulloh Hamid, dan Abdul Basit. “E-Learning Application Madrasah Online Learning Solution in the Middle of Pandemic Covid-19 in MA Negeri Insan Cendekia, Kendari.” Technium Social Sciences Journal 10 (2020): 107.

“KMA No 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Bahasa Arab Pada Madrasah.Pdf,” n.d. Accessed November 7, 2021.

Krismadika, Arwidana Putra, and Achmad Fathoni. “Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di SD IT Al-Huda Wonogiri.” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2020.

“Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19),” March 24, 2020.

Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. sage, 1994.

Nursafitri, Nursafitri, Yantoro Yantoro, dan Faizal Chan. “Peran Guru Pada Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar.” PhD Thesis, Universitas Jambi, 2021.

Purniawan, Purniawan, dan Woro Sumarni. “Analisis Respon Siswa pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19.” In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3:784–89, 2020.

Rigianti, Henry Aditia. “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara.” Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-Sd-An 7, no. 2 (2020).

Rigianti, Henry Aditia, dan PGSD Prosa. “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara,” 2020.

Sabaniah, Siti, Dadan F. Ramdhan, dan Siti Khozanatu Rohmah. “Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid-19.” Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 1 (2021): 43–54.

Sari, Icha Permata. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Siswa SD.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3:8–13, 2021.

Setyaningsih, Kurnia Dwi. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di SD Negeri Karangrena 03.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 1, no. 2 (2020).

Sobron, A. N., dan Rani Bayu. “Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA.” SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 1, no. 2 (2019): 30–38.

Tambak, Syahraini. “Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” JURNAL TARBIYAH 21, no. 2 (December 1, 2014). https://doi.org/10.30829/tar.v21i2.16.

Published

2021-12-16

How to Cite

Afifah, A. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MEDIA E-LEARNING (STUDI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 PONOROGO) . Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 165-176. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.183

Issue

Section

Articles